METODE PENGAJARAN MANGNGAJI TUDANG PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DDI MANGKOSO = MANGNGAJI TUDANG TEACHING METHOD ON ARABIC LANGUAGE LEARNING AT DDI MANGKOSO ISLAMIC BOARDING SCHOOL


Fadillah, Cindy Aliah (2022) METODE PENGAJARAN MANGNGAJI TUDANG PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DDI MANGKOSO = MANGNGAJI TUDANG TEACHING METHOD ON ARABIC LANGUAGE LEARNING AT DDI MANGKOSO ISLAMIC BOARDING SCHOOL. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F031181319_skripsi_15-09-2022 cover1.png

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F031181319_skripsi_15-09-2022 1-2.pdf

Download (749kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F031181319_skripsi_15-09-2022 dp.pdf

Download (870kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F031181319_skripsi_15-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 January 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Cindy Aliah Fadillah, Metode Pengajaran Mangngaji tudang Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren DDI Mangkoso. (Di Bawah Bimbingan Haeruddin, S.S., M.A. dan Dr. Andi Agussalim, S.S.,M.Hum)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses pelaksanaan metode pengajaran mangngaji tudang pada pembelajaran bahasa Arab dan juga persepsi santri mengenai metode pengajaran mangngaji tudang. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa metode pengajaran mangngaji tudang pada pembelajaran bahasa Arab dilakukan dengan cara guru duduk di lantai bersama para santri lainnya dan guru menyampaikan materinya menggunakan kitab gundul atau kitab kuning, tetapi terlebih dahulu santri dipersilakan untuk membaca dan menjelaskan materi tersebut lalu jika terdapat kesalahan maka guru lah yang akan menjelaskan dan membenarkannya. Dimana hal ini tentunya sangat berbeda dengan metode pengajaran di sekolah-sekolah formal yang dilaksanakan dengan cara mayoritas para gurunya menggunakan metode ceramah. Penelitian ini juga menghasilkan persepsi para santri mengenai metode pengajaran mangngaji tudang yaitu Metode pengajaran mangngaji tudang merupakan sebuah metode pengajaran yang unik karena pelaksanaannya jauh berbeda dengan metode pengajaran yang digunakan pada sekolah-sekolah formal, metode pengajaran ini juga merupakan metode pengajaran klasik yang masih digunakan hingga saat ini di pondok pesantren DDI Mangkoso Kab. Barru. Hal ini dikarenakan metode pengajaran ini memiliki tingkat keefektifan yang tinggi sehingga juga mampu bersaing dengan metode pengajaran yang lainnya. Penggunaan metode pengajaran mangngaji tudang pada pembelajaran bahasa Arab juga membuat pembelajaran lebih mudah dipahami oleh para santri akan tetapi menurut para santri metode pengajaran ini terkesan membosankan. Metode pengajaran mangngaji tudang tidak bisa diterapkan pada pembelajaran umum di sekolah-sekolah formal, karena metode pengajaran bisa disebut mangngaji tudang jika media pembelajaran yang digunakan adalah kitab kuning atau kitab gundul.

Kata Kunci: metode pengajaran, mangngaji tudang, Pondok Pesantren DDI Mangkoso.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teaching Method, Mangngaji Tudang, DDI Mangkoso Islamic Boarding School.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Asia Barat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:10
Last Modified: 18 Jan 2023 01:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24245

Actions (login required)

View Item
View Item