PENERAPAN HURUF BRAILLE DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT BAGI SISWA TUNANETRA di SLB-A YAPTI MAKASSAR = THE APPLICATION OF BRAILLE LETTERS IN MUFRADAT LEARNING FOR THE BLIND STUDENTS AT YAPTI SLB-A MAKASSAR


Widya, Nur (2022) PENERAPAN HURUF BRAILLE DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT BAGI SISWA TUNANETRA di SLB-A YAPTI MAKASSAR = THE APPLICATION OF BRAILLE LETTERS IN MUFRADAT LEARNING FOR THE BLIND STUDENTS AT YAPTI SLB-A MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F031181017_skripsi_12-08-2022 cover1.png

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F031181017_skripsi_12-08-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F031181017_skripsi_12-08-2022 dp.pdf

Download (782kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F031181017_skripsi_12-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 January 2025.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Nur Widya, Penerapan Huruf Braille Dalam Pembelajaran Mufradat Bagi Siswa Tunanetra di SLB-A YAPTI Makassar. (di bawah bimbingan Haeruddin, S.S., M.A. dan Dr. Andi Agussalim, M.Hum.)
Judul skripsi ini adalah “Penerapan Huruf Braille Dalam Pembelajaran Mufradat Bagi Siswa Tunanetra di SLB-A YAPTI Makassar”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Braille sebagai alat bantu atau sarana dalam pembelajaran Mufradat bagi para tunanetra dan mengetahui faktor-faktor pendukung serta penghambat jalannya pembelajaran. Diharapkan, keberadaan media Braille sebagai sarana yang membantu dalam pembelajaran, dapat terimplementasikan dengan baik. Sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan deskriptif analitik yaitu dengan prosedur pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran Mufradat dengan media Braille di kelas VIII SLB YAPTI Makassar sudah terimplementasikan dengan baik. Sehingga peserta didik mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Hal ini didukung oleh beberapa faktor yaitu, adanya guru yang menguasai dalam bidangnya, adanya mata pelajaran Qow’idul Imla’, serta adanya kegiatan TPA (Taman Pendidikan al-Qur‟an) di luar sekolah. Walaupun ada beberapa kendala yang dihadapi yaitu perbedaan latar belakang pendidikan siswa, kesulitan siswa dalam membedakan harakat di akhir kata, serta belum tersedianya sumber belajar dalam bentuk tulisan Braille. Seperti perbedaan latar belakang pendidikan peserta didik, yang pada umumnya tidak berasal dari SD LB, sehingga mereka sedikit mengalami kesulitan dalam penguasaan baca- tulis Braille, namun hal ini dapat teratasi dengan keberadaan mata pelajaran tambahan yaitu Qowa’idul Imla’ serta adanya kegiatan TPA dalam asrama SLB YAPTI Makassar.

Kata Kunci : Penerapan, Braille, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Braille, Media Pembelajaran
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Asia Barat
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:08
Last Modified: 18 Jan 2023 01:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24242

Actions (login required)

View Item
View Item