CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL "JALAN BANDUNGAN" KARYA NH. DINI: TINJAUAN KRITIK SASTRA FEMINIS = THE IMAGE OF WOMEN IN THE NOVEL "JALAN BANDUNGAN" BY NH. DINI: A REVIEW OF FEMINIST LITERARY CRITICISM


Hasanah, Al Uswatun (2022) CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL "JALAN BANDUNGAN" KARYA NH. DINI: TINJAUAN KRITIK SASTRA FEMINIS = THE IMAGE OF WOMEN IN THE NOVEL "JALAN BANDUNGAN" BY NH. DINI: A REVIEW OF FEMINIST LITERARY CRITICISM. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F11115006_skripsi_07-06-2022 cover1.png

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F11115006_skripsi_07-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F11115006_skripsi_07-06-2022 dp.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F11115006_skripsi_07-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 January 2025.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

AL USWATUN HASANAH. Citra Perempuan dalam Novel Jalan Bandungan karya Nh. Dini Tinjauan Kritik Sastra Feminis (dibimbing oleh Dra. Muslimat, M. Hum. dan Dra. Haryeni Tamin, M. Hum.).
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan citra perempuan yang terdapat dalam novel. Citra perempuan kemudian dipetakan ke dalam citra diri perempuan dan citra sosial perempuan dalam novel Jalan Bandungan karya Nh. Dini, berdasarkan kajian kritik sastra feminis. Secara teoretis penelitian ini bertujuan mengungkapkan citra perempuan dalam novel, dengan menghubungkan teori feminis untuk membongkar masalah dalam karya sastra. Secara praktis penelitian ini bertujuan menunjukkan fenomena masyarakat yang hidup dalam budaya patriarkhi, dan memberikan jalan keluar dalam memecahkan masalah yang ada. Pada penelitian ini, peneliti membongkar citra perempuan dengan menggunakan teori feminis yang dipersentuhkan dengan pandangan feminisme liberal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian deskriptif kualitatif. Analisis ini dilakukan dengan memunculkan semua bentuk citra perempuan dalam novel, dan keterlibatan langsung peneliti dalam penyelesaian skripsi. Hasil dari penelitian ini, menggambarkan citra perempuan dalam novel Jalan Bandungan karya Nh. Dini, sebagai bentuk pendobrakan yang diinginkan perempuan. Berdasarkan dari citra perempuan dalam novel ditemukan keterkaitan antara citra diri perempuan dan citra sosial perempuan yang mampu melakukan pendobrakan terhadap anggapan yang menempatkan perempuan pada posisi ke dua. Penelitian ini memberikan hasil bahwa perempuan dapat melakukan pekerjaan pada dua ruang sekaligus, yaitu ruang domestik dan ruang publik sebagai bentuk kesetaraan perempuan dengan laki-laki.

Kata Kunci: Citra perempuan, feminisme liberal, novel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Citra perempuan, feminisme liberal, novel
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jan 2023 04:16
Last Modified: 04 Jan 2023 04:16
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24149

Actions (login required)

View Item
View Item