UNSUR-UNSUR PRAKTIK SUPPLY CHAIN MANAGEMENT, DAYA SAING DAN KINERJA USAHA PADA UKM MAKANAN RINGAN KOTA MAKASSAR DI ERA COVID-19


Hasyim, Aidah Aabidah (2022) UNSUR-UNSUR PRAKTIK SUPPLY CHAIN MANAGEMENT, DAYA SAING DAN KINERJA USAHA PADA UKM MAKANAN RINGAN KOTA MAKASSAR DI ERA COVID-19. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
P042191008_tesis_31-10-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P042191008_tesis_31-10-2022 cover1.png

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
P042191008_tesis_31-10-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
P042191008_tesis_31-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja usaha, daya saing strategic supplier partnership, customer relationship, information sharing dan postponement serta pengaruhnya terhadap daya saing dan kinerja usaha pada UKM Makanan Ringan Kota Makassar di era covid-19.
Responden penelitian ini berjumlah 73 pelaku UKM Makanan Ringan Kota Makassar. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan mengacu pada sampling frame. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui bagaimana kinerja usaha, daya saing, strategic supplier partnership, customer relationship, information sharing dan postponement pada UKM Makanan Ringan Kota Makassar dan analisis data Structural Equation Modeling (SEM) dengan smartPLS untuk melihat pengaruh strategic supplier partenership, customer relationship, information sharing dan postponement terhadap daya saing dan kinerja usaha UKM di era covid-19.
Hasil penelitian menunjukkan UKM Makanan Ringan Kota Makassar di era pandemi covid-19 dari sisi kinerja usaha berada dalam kategori cukup baik dan daya saing dalam kategori baik. Pelaku UKM Makanan Ringan Kota Makassar telah menerapkan Strategic Supplier Partnership, Customer Relationship, Information Sharing dan Posponement dengan baik di era covid-19. Customer relationship memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing dan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja usaha secara langsung serta berpengaruh positif signifikan pula terhadap kinerja melalui daya saing pada UKM makanan ringan Kota Makassar di era covid-19. Information Sharing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing dan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja usaha UKM serta berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha melalui daya saing di era covid19. Strategic Supplier Partnership dan Postponement memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap daya saing dan kinerja usaha UKM makanan ringan di era covid-19 serta tidak memberikan pengaruh yang positif dan signifikan pula terhadap peningkatan kinerja usaha melalui daya saing.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: strategic supplier partnership, customer relationship, information sharing, postponement, daya saing, kinerja usaha
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 04 Jan 2023 01:52
Last Modified: 04 Jan 2023 01:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24121

Actions (login required)

View Item
View Item