Aziza, Azkia (2022) PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI LITERASI POLITIK BAGI PEMILIH PEMULA DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH DI KABUPATEN BARRU TAHUN 2020 = The Use of Instagram as Political Literacy for Novice Voters in the 2020 Regional Head Elections in Barru District. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E041181011_skripsi_15-06-2022 cover1.png
Download (220kB) | Preview
E041181011_skripsi_15-06-2022 1-2.pdf
Download (921kB)
E041181011_skripsi_15-06-2022 dp.pdf
Download (786kB)
E041181011_skripsi_15-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 December 2024.
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
ABSTRAK
AZKIA AZIZA. NIM E041181011. Penggunaan Instagram Sebagai Literasi Politik Bagi Pemilih Pemula Dalam Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Barru Tahun 2020. Dibimbing oleh Pembimbing I Muhammad dan Pembimbing II Andi Naharuddin.
Pemilih pemula merupakan pemilih yang pertama kali menggunakan hak pilihnya pada pemilu dari berbagai faktor Pemilih pemula atau biasa disebut sebagai pemilih millenial yang saat ini cenderung lebih banyak menghabiskan waktunya melalui media sosial terutama pada instagram. Pemilih pemula yang lahir ditengah-tengah pesatnya teknologi digital dengan mudah mendapatkan informasi terutama terkait politik. Dengan berkembangnya literasi politik di media sosial khususnya pada instagram baik berupa konten informasi terkait politik maupun fenomena politik dapat memberikan pemahaman kepada Pemilih pemula terkait pilihannya pada Pilkada di Kabupaten Barru tahun 2020. Berdasarkan itu Penelitian ini memfokuskan pada Bagaimana pengaruh Instagram sebagai literasi politik terhadap perilaku pemilih pemula pada Pilkada di Kabupaten Barru Tahun 2020.
Berdasarkan Latar Belakang dan rumusan masalah yang di uraikan di atas, maka adapun tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengatahui pengaruh Instagram sebagai media literasi politik terhadap perilaku pemilih pemula pada Pilkada di Kabupaten Barru Tahun 2020. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, studi pustaka serta observasi.
Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Instagram sebagai media yang digunakan pemilih pemula dalam mendapatkan pengetahuannya terkait informasi-informasi politik Pilkada 2020 berpengaruh terhadap perilaku pemilih pemula dalam menentukan Pilihannya. Dengan maraknya informasi-informasi politik yang ada pada media instagram memudahkan pemilih terutama pemilih pemula dalam mengenal calon yang akan dipilihnya.
Kata kunci: Pemilih Pemula, Instagram, Literasi Politik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Beginner Voters, Instagram, Political Literacy |
Subjects: | J Political Science > JC Political theory |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 00:26 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 00:26 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24049 |