POTRET KEMANDIRIAN KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM) PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA = Potrait of Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) in Pallangga District, Gowa Regency


Salam, Putri Ramadhani (2022) POTRET KEMANDIRIAN KELUARGA PENERIMA MANFAAT (KPM) PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI KECAMATAN PALLANGGA KABUPATEN GOWA = Potrait of Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) in Pallangga District, Gowa Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E032181015_tesis_10-05-2022 cover1.png

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E032181015_tesis_10-05-2022 1-2.pdf

Download (726kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E032181015_tesis_10-05-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E032181015_tesis_10-05-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 December 2024.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

PUTRI RAMADHANI SALAM. Potret kemandirian Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa (dibimbing oleh Rahmat Muhammad dan Hasbi)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan di Kecamatan Pallangga. Manfaat PKH dalam memandirikan KPM PKH, bentu-bentuk kemandirian KPM PKH dan strategi dalam meningkatkan kemandirian KPM PKH di Kecamatan Pallangga.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah Pendamping Sosial PKH sebagai Koordinator Kecamatan Pallangga dan Informan dalam penelitian ini dipilih secara purposive. Teknik analisis data menggunakan ‘model interaktif’ yang meliputi pengumpulan data, pereduksian data, penyajian data, dan penverifikasian/ penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, KPM mampu memanfaatkan bantuan PKH untuk keperluan pendidikan,kesehatan dan kesejahteraan sosial. kedua bentuk kemandiri seperti kemandirian emosi KPM dapat dikontrol setelah melalui edukasi P2K2/FDS, kemandirian ekonomi masih sebatas konsumtif belum dapat produktif, kemandirian intelektual KPM sudah mampu mengatasi masalah pendidikan anaknya dan kemandirian sosial KPM mampu beradaptasi dengan lingkungan dan aktiv terlibat dalam kegiatan sosial. Ketiga Strategi dalam meningkatkan kemandirian KPM PKH, pemberian motivasi melalui pertemuan P2K2/FDS sudah optimal, peningkatan kesadaran KPM untuk komitment sudah sudah berhasil tapi diperlukan pelatihan khusus untuk pelatihan wirausaha agar mampu produktfi secara ekonomi, Manajemen diri KPM dalam pemanfaatan bantuan sudah cukup baik, Mobilisasi sumber daya KPM belum begitu optimal, masih bergantung pada penghasilan suami dan bantuan PKH, serta Pembangunan dan pengembangan jejaring dalam peningkatan ekonomi belum ditemukan dalam penelitian ini.

Keywords : Kemandirian, pemberdayaan, KPM PKH

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Independence, empowerment, KPM PKH
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:01
Last Modified: 03 Jan 2023 08:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24030

Actions (login required)

View Item
View Item