PESAN MORAL DALAM FILM DUA GARIS BIRU (ANALISIS SEMIOTIKA PADA FILM DUA GARIS BIRU) = Moral Message in Dua Garis Biru film (Semiotic Analysis in Dua Garis Biru Film)


Rizki, Muhammad Taufiq Kurniadi (2022) PESAN MORAL DALAM FILM DUA GARIS BIRU (ANALISIS SEMIOTIKA PADA FILM DUA GARIS BIRU) = Moral Message in Dua Garis Biru film (Semiotic Analysis in Dua Garis Biru Film). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E31115028_skripsi_19-09-2022 cover1.png

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E31115028_skripsi_19-09-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E31115028_skripsi_19-09-2022 dp.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E31115028_skripsi_19-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 December 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

MUHAMMAD TAUFIQ KURNIADI RIZKI. Pesan Moral Dalam Film Dua Garis Biru (Analisis Semiotika Pada Film Dua Garis Biru). (Dibimbing oleh Muhammad Farid dan Nosakros Arya).

Tujuan Penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi bentuk pesan moral yang terdapat dalam film Dua Garis Biru, (2) memahami makna pesan moral dalam film Dua Garis Biru.

Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 3 bulan yaitu Maret – Juni 2022. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui pengamatan secara menyeluruh terhadap objek penelitian yaitu film Dua Garis Biru yang berdurasi 113 menit. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah film Dua Garis Biru dengan mengobservasi gambar (visual image) dan suara/dialog (audio) yang di dalamnya terdapat unsur tanda yang menggambarkan pesan-pesan moral. data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan model semiotika Roland Barthes yang terdiri dari tatanan pertandaan yaitu denotasi dan konotasi. Data pendukung (data sekunder) dalam penelitian ini diperoleh melalui media studi pustaka untuk mendapat teori-teori yang relevan dan data-data yang dapat dipakai untuk menyelesaikan masalah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Dua Garis Biru menyampaikan pesan-pesan moral yang mendidik dan menginspirasi, dilihat dari aspek sastra, dramatis, bahasa maupun sinematiknya. Selain itu film ini banyak mengandung permasalahan yang sesuai dengan kehidupan nyata. Film Dua Garis Biru mencoba untuk mendemonstrasikan bagaimana cara dunia dan orang-orang di dalamnya agar memandang pendidikan seks sejak dini amat penting diajarkan oleh orang tua dan sekolah, terutama bagi anak yang berusia menuju remaja. Tidak perlu vulgar, namun bisa diajarkan secara perlahan. Film ini juga menyadarkan penontonnya bahwa meskipun status keluarga dimata masyarakat baik-baik saja belum tentu keluarga tersebut sedang dalam keadaan baik seperti yang di gambarkan oleh keluarga Dara maupun keluarga Bima.

Kata kunci: pesan moral, analisis semiotika, film dua garis biru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Moral message, semiotic analysis, dua garis biru film
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:08
Last Modified: 03 Jan 2023 03:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/24013

Actions (login required)

View Item
View Item