Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Aksi Galang Dana Bantu Korban Palestina = Analysis Using Instagram in Increasing Donation To Help People In Palestina


Masita, Masita (2022) Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Aksi Galang Dana Bantu Korban Palestina = Analysis Using Instagram in Increasing Donation To Help People In Palestina. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022201027_tesis_07-10-2022 cover1.png

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022201027_tesis_07-10-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022201027_tesis_07-10-2022 dp.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022201027_tesis_07-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 December 2024.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

MASITA. Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Aksi Galang Dana Bantu Korban Palestina (Studi Kasus Pada Akun Selebgram).

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana penggunaan media sosial instagram pada aksi galang dana bantu korban Palestina oleh empat selebgram Indonesia yakni Fadil Jaidi, Taqy Malik, Tasya Farasya dan Atta Halilintar. Metode penelitian menggunakan analisis isi model Richard M Perloff dengan
beberapa unit analisis yakni message structure (struktur pesan), message content (konten/isi pesan), framing (pembingkaian), language (bahasa), dan emotional appeals (daya tarik emosional). Penelitian ini menganalisis 48 postingan Instagram milik keempat instagram berupa gambar teks, foto, screen shoot, dan video.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) selebgram mengajak netizen untuk berdonasi dengan menggunakan frasa kemanusiaan, solidaritas dan persatuan, (2) selebgram memberikan laporan secara aktual jumlah donasi yang terhimpun melalui screenshot laman web tempat berdonasi sehingga ada tolak ukur yang bisa dilihat oleh netizen, terkait uang yang mereka sumbangkan, jumlah keseluruhan penyumbang, dan update donasi (3) Selebgram memberikan informasi penyaluran dana donasi sehingga netizen bisa mengetahui kemana donasi tersebut akan di
salurkan, (4) Selebgram menggunakan postingan yang kreatif berupa video testimoni, serta gambar dan teks yang dikemas menarik.

Keywords : Analisis isi, media sosial, instagram, selebgram

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Analisis isi, media sosial, instagram, selebgram
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:30
Last Modified: 02 Jan 2023 07:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23980

Actions (login required)

View Item
View Item