Analisis Dampak Pembelajaran Online selama Pandemi Covid-19 terhadap Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Siswa di SMP Negeri 3 Anggeraja Kabupaten Enrekang = Analysis on the Impact of Online Learning during the Covid-19 Pandemic on Students' Cognitive, Affective, and Psychomotor at SMP Negeri 3 Anggeraja of Enrekang Regency


Gustianto, Rasda (2022) Analisis Dampak Pembelajaran Online selama Pandemi Covid-19 terhadap Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Siswa di SMP Negeri 3 Anggeraja Kabupaten Enrekang = Analysis on the Impact of Online Learning during the Covid-19 Pandemic on Students' Cognitive, Affective, and Psychomotor at SMP Negeri 3 Anggeraja of Enrekang Regency. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022201021_tesis_19-09-2022 cover1.png

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022201021_tesis_19-09-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022201021_tesis_19-09-2022 dp.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022201021_tesis_19-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 December 2024.

Download (8MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis dampak pembelajaran online selama pandemi Covid-19 terhadap aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa di SMP Negeri 3 Anggeraja Kabupaten Enrekang, (2) menganalisis dampak pola komunikasi yang dilakukan guru dan siswa selama pandemi Covid-19 terhadap aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa di SMP Negeri 3 Anggeraja Kabupaten Enrekang, dan (3) menganalisis hambatan komunikasi (noise) yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran online selama pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Anggeraja Kabupaten Enrekang. Metode yang digunakan adalah metode kombinasi yaitu urutan pembuktian (sequential explanatory), pengumpulan data dan analisis data kedua metode dilakukan secara terpisah, tetapi di buat bersambung atau biasa disebut metode QUAN-qual. Metode kuantitatif yang digunakan adalah metode survei eksplanatif sementara metode kualitatif yang digunakan adalah kualitatif dekskriptif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 114 siswa dengan teknik penarikan sampel berstrata proporsional (proportionate stratified random sampling). Informan sebanyak 18 orang dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara mendalam. Teknik analisis data kuantitatif yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 25 untuk windows 10. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan adalah analysis interactive model dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat dampak signifikan antara pembelajaran online selama pandemi Covid-19 terhadap aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa di SMP Negeri 3 Anggeraja Kabupaten Enrekang, (2) terdapat dampak signifikan antara pola komunikasi yang dilakukan guru dan siswa selama pandemi Covid-19 terhadap aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa di SMP Negeri 3 Anggeraja Kabupaten Enrekang, dan (3) hambatan komunikasi (noise) yang terjadi pada saat pembelajaran online selama pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Anggeraja Kabupaten Enrekang terdiri dari: hambatan pada komunikan/sasaran, hambatan pada saluran/media dan hambatan teknologi/illiteracy.

Kata kunci: pembelajaran online, hambatan komunikasi, kognitif, afektif, psikomotorik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Online learning, Communication barriers, Cognitive, Affective, Psychomotoer
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:12
Last Modified: 02 Jan 2023 07:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23968

Actions (login required)

View Item
View Item