Hubungan Membaca Buku Siapa yang Datang ke Pemakamanku Saat Aku Mati Nanti? dan Motivasi Pengembangan Diri Pembaca di Kalangan Bookstagram Indonesia = Correlations of Reading Who Comes to My Funeral When I Die? on the Self-Development Motivation Among Indonesian Bookstagram


Qurrata A`yun, Salsabila (2022) Hubungan Membaca Buku Siapa yang Datang ke Pemakamanku Saat Aku Mati Nanti? dan Motivasi Pengembangan Diri Pembaca di Kalangan Bookstagram Indonesia = Correlations of Reading Who Comes to My Funeral When I Die? on the Self-Development Motivation Among Indonesian Bookstagram. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021181519_skripsi_19-09-2022 cover1.png

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021181519_skripsi_19-09-2022 1-2.pdf

Download (906kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021181519_skripsi_19-09-2022 dp.pdf

Download (841kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021181519_skripsi_19-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 December 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

SALSABILA QURRATA A’YUN. Hubungan Membaca Buku Siapa yang Datang ke Pemakamanku Saat Aku Mati Nanti? dan Motivasi Pengembangan Diri Pembaca di Kalangan Bookstagram Indonesia. (Dibimbing oleh Mursalim dan Nurul Ichsani)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara membaca buku Siapa yang Datang ke Pemakamanku Saat Aku Mati Nanti? terhadap motivasi pengembangan diri pembaca di kalangan Bookstagram Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik penentuan sampel yaitu probability sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan diolah dengan aplikasi SPSS versi 25.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara membaca buku Siapa yang Datang ke Pemakamanku Saat Aku Mati Nanti? terhadap motivasi pengembangan diri pembaca di kalangan Bookstagram Indonesia dan berdasarkan pedoman derajat hubungan koefisien korelasi, hubungan tersebut masuk ke dalam kategori cukup berarti. Dalam penelitian ini, digunakan Teori S-O-R (Stimulus-Organism-Response) untuk mengetahui apakah dengan membaca buku dapat melahirkan perubahan perilaku pada pembaca dan berdasarkan analisis tabel silang dapat diketahui bahwa dengan membaca buku Siapa yang Datang ke Pemakamanku Saat Aku Mati Nanti? berhasil melahirkan motivasi pada pembaca di kalangan Bookstagram Indonesia dan selanjutnya melahirkan perubahan perilaku, sebagai bentuk usaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Kata Kunci: Membaca Buku, Siapa yang Datang ke Pemakamanku Saat Aku Mati Nanti?, Bookstagram, Motivasi Pengembangan Diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reading Books, Who Comes to My Funeral When I Die?, Bookstagram, Self-Development Motivation
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 06:58
Last Modified: 02 Jan 2023 06:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23955

Actions (login required)

View Item
View Item