Analisis Self Disclosure pada Penggunaan Cyber Account di Twitter (Studi Kasus Followers @convomf) = Self Disclosure Analysis on the Use of Cyber Account on Twitter (Case Study on @convomf’s Followers)


Zahrawani, Siti Afra Az (2022) Analisis Self Disclosure pada Penggunaan Cyber Account di Twitter (Studi Kasus Followers @convomf) = Self Disclosure Analysis on the Use of Cyber Account on Twitter (Case Study on @convomf’s Followers). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021181320_skripsi_29-06-2022 cover1.png

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021181320_skripsi_29-06-2022 1-2.pdf

Download (767kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021181320_skripsi_29-06-2022 dp.pdf

Download (513kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021181320_skripsi_29-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 December 2024.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

SITI AFRA AZ ZAHRAWANI. Analisis Penggunaan Cyber Account di Twitter (Studi Kasus Followers @convomf). (Dibimbing oleh Tuti Bahfiarti dan Sitti Murniati Mukhtar)

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis self disclosure pada penggunaan cyber account di Twitter. (2) Untuk mengetahui faktor yang menyebabkan terjadi self disclosure pada penggunaan cyber account di Twitter. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik penentuan informan yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi Pustaka.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self disclosure atau pengungkapan diri yang dilakukan pada cyber account di Twitter dikarenakan adanya perasaan nyaman, aman dan lebih bebas tanpa diketahui identitas aslinya oleh orang-orang di sekitarnya. Pengungkapan yang dilakukan kebanyakan positif dengan berbagi cerita sehari-hari dan pengalaman dan perasaan yang dirasakan setelah melakukan pengungkapan diri adalah lega. Saat melakukan pengungkapan diri di cyber account, bidang tersembunyi terbuka luas dan dengan tertutupnya identitas, maka bidang terbuka menyempit. Faktor yang menyebabkan terjadinya pengungkapan diri pada cyber account di Twitter terbagi atas dua yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal berhubungan dengan adanya kekhawatiran dinilai buruk oleh orang-orang di sekitarnya sedangkan faktor eksternal berasal dari lingkungan keluarga dan pertemanan karena memiliki hubungan yang kurang baik yang membuat informan memilih untuk melakukan pengungkapan diri pada cyber accountnya.

Keywords : Self Disclosure, Pengungkapan Diri, Cyber Account, Twitter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self Disclosure, Cyber Account, Twitter
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 06:55
Last Modified: 02 Jan 2023 06:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23949

Actions (login required)

View Item
View Item