Efektivitas Penggunaan Akun Instagram @Hasanuddin_Univ Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Universitas Hasanuddin = The Effectivity of Using Instagram Account @Hasanuddin_Univ on the Fulfillment of Student Information Needs at Hasanuddin University


Munandar, Diana Islamiati (2022) Efektivitas Penggunaan Akun Instagram @Hasanuddin_Univ Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Universitas Hasanuddin = The Effectivity of Using Instagram Account @Hasanuddin_Univ on the Fulfillment of Student Information Needs at Hasanuddin University. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021181315_skripsi_cover1.jpg

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021181315_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021181315_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021181315_skripsi_14-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 December 2024.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

DIANA ISLAMIATI MUNANDAR, Efektivitas Penggunaan Akun Instagram @Hasanuddin_Univ Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Universitas Hasanuddin. (Dibimbing oleh Muliadi Mau dan Nurul Ichsani).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas penggunaan Instagram @hasanuddin_univ di kalangan mahasiswa Universitas Hasanuddin, serta tingkat pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa Universitas Hasanuddin melalui penggunaan Instagram Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif deskriptif. Adapun teknik penentuan jumlah sampel yang digunakan ialah Tabel Isaac dan Michael dengan teknik pengambilan sampel menggunakan propotional startified sampling. Total responden dalam penelitian ini sebanyak 344 responden. Metode pengumpulan data yaitu melalui penyebaran kuesioner dan studi pustaka sebagai sumber informasi sekunder. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan aplikasi pengolahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektivitas penggunaan akun Instagram @hasanuddin_univ berada pada tingkat efektif dengan persentase 82,8%. Adapun pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa melalui penggunaan Instagram Universitas Hasanuddin berada pada tingkat terpenuhi 62,8% dan sangat terpenuhi 34,6%. Data empiris tersebut membuktikan bahwa teori Uses and Gratifications yang menekankan bahwa khalayak aktif dalam menggunakan media untuk memenuhi kebutuhannya berlaku dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, Efektvitas Media, Pemenuhan Informasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Social Media, Instagram, Media Effectiveness, Information Fulfillment
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 06:51
Last Modified: 02 Jan 2023 06:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23947

Actions (login required)

View Item
View Item