Analisis makna pesan-pesan komunikasi nonverbal dalam tarian adat tradisional gandrang bulo di Kota Makassar = Analysis of the Meaning of Messages - Nonverbal Communication Messages in the Gandrang Bulo Traditional Dance in Makassar City


Ayuning, Izza (2022) Analisis makna pesan-pesan komunikasi nonverbal dalam tarian adat tradisional gandrang bulo di Kota Makassar = Analysis of the Meaning of Messages - Nonverbal Communication Messages in the Gandrang Bulo Traditional Dance in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021181020_skripsi_07-06-2022 cover1.png

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021181020_skripsi_07-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021181020_skripsi_07-06-2022 dp.pdf

Download (869kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021181020_skripsi_07-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 December 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

IZZA AYUNING. Analisis Makna Pesan - Pesan Komunikasi Nonverbal Dalam Tarian Adat Tradisional Gandrang Bulo di Kota Makassar. (Dibimbing oleh Muhammad Farid dan Jeanny Maria Fatimah).
Tujuan penelitian ini ialah:(1) untuk menganalisis pesan-pesan komunikasi nonverbal dalam Tarian Adat Tradisional Gandrang Bulo di Kota Makassar; (2) untuk menganalisis makna pesan-pesan komunikasi nonverbal dalam Tarian Adat Tradisional Gandrang Bulo di Kota Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika. Adapun yang menjadi informan adalah masyarakat Kota Makassar yang dianggap menguasai dan memahami Tari Gandrang Bulo secara mendalam. Peneliti berusaha mencari makna yang ada dibalik pesan-pesan nonverbal yang digunakan dalam Tarian Adat Tradisional Gandrang Bulo. Setelah pemaknaan tersebut dilakukan, akan mempermudah penulis untuk melihat makna denotasi, konotasi, serta mitos dari Tarian Adat Tradisional Gandrang Bulo di Kota Makassar.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa Tari Adat Tradisional Gandrang Bulo bukanlah hal yang baru diketahui oleh masyarakat Kota Makassar. Tari Gandrang Bulo pada masyarakat Kota Makassar memiliki pesan-pesan atau simbol dengan beberapa makna yang terkandung. Diantaranya adalah untuk menghormati warisan budaya leluhur sebagai suatu masyarakat yang kental akan kebudayaanya, melestarikan nilai-nilai budaya tradisional masyarakat Kota Makassar, dan untuk menarik minat wisatawan dalam pementasan Tarian Adat Tradisional Gandrang Bulo

Keywords : Makna Pesan Komunikasi Nonverbal, Tari Adat Tradisional Gandrang Bulo, Kota Makassar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meaning of Nonverbal Communication Messages, Gandrang Bulo Traditional Dance, Makassar City
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 06:40
Last Modified: 02 Jan 2023 06:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23941

Actions (login required)

View Item
View Item