Hubungan kualitas komunikasi organisasi dengan tingkat kinerja karyawan kantor pusat PT. PELINDO IV (persero) = The relationship between the quality of organizational communication and the level of performance of employees at the head office of PT. PELINDO IV (Persero)


Kamaluddin, Karina Karman (2022) Hubungan kualitas komunikasi organisasi dengan tingkat kinerja karyawan kantor pusat PT. PELINDO IV (persero) = The relationship between the quality of organizational communication and the level of performance of employees at the head office of PT. PELINDO IV (Persero). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E021171521_skripsi_05-08-2022 cover1.png

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E021171521_skripsi_05-08-2022 1-2.pdf

Download (854kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E021171521_skripsi_05-08-2022 dp.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E021171521_skripsi_05-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 December 2024.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Hubungan Kualitas Komunikasi Organisasi dengan Tingkat Kinerja Karyawan Kantor Pusat PT. Pelindo IV (Persero). (Dibimbing oleh Muliadi Mau dan Andi Subhan Amir).
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kualitas komunikasi organisasi pada Kantor Pusat PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero); (2) mengetahui tingkat kinerja karyawan Kantor Pusat PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero); (3) menganalisis hubungan kualitas komunikasi organisasi pada Kantor Pusat PT. Pelabuhan Indonesia IV (Persero) dengan tingkat kinerja karyawan.
Penelitian ini dilaksanakan pada Kantor Pusat PT. Pelindo IV (Persero). Populasi penelitian adalah seluruh karyawan pada Kantor Pusat PT. Pelindo IV (Persero). Penentuan sampel menggunakan teknik sampel acak sederhana (simple random sampling). Data primer dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan data sekundernya dikumpulkan melalui observasi, studi pustaka dan wawancara dengan pihak-pihak dan lembaga-lembaga yang terkait dengan penelitian. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya disajikan dalam bentuk tabel frekuensi dantabel silang dan dianalisis secara statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi organisasi yang berlangsung pada Kantor Pusat PT. Pelindo IV (Persero), baik secara vertikal ke bawah, vertikal ke atas, dan komunikasi horizontal termasuk kategori kualitas komunikasi cukup baik. Tingkat kinerja karyawan pada Kantor Pusat PT. Pelindo IV berada pada kategori kinerja cukup baik. Penelitian ini juga menemukan bahwa komunikasi organisasi berhubungn nyata dengan tingkat kinerja karyawan. Proses komunikasi yang saat ini diterapkan telah memberikan dampak positif bagi karyawannya, yaitu perubahan komunikasi organisasi yang efektif dan berkualitas, terjalin hubungan yang semakin baik antara karyawan, baik secara individu maupun berkelompok dan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja karyawan.

Keywords : kualitas komunikasi; komunikasi organisasi; kinerja; karyawan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: communication quality; organizational; communication; performance; employee
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 06:33
Last Modified: 02 Jan 2023 06:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23930

Actions (login required)

View Item
View Item