IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN ADMINISTRASI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA MAKASSAR = IMPLEMENTATION OF ADMINISTRATIVE SERVICES POLICY AT THE POPULATION AND CIVIL REGISTRATION SERVICES MAKASSAR CITY


Sumardi, Sumardi (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN ADMINISTRASI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA MAKASSAR = IMPLEMENTATION OF ADMINISTRATIVE SERVICES POLICY AT THE POPULATION AND CIVIL REGISTRATION SERVICES MAKASSAR CITY. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E013171004_disertasi_15-06-2022 cover1.png

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E013171004_disertasi_15-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E013171004_disertasi_15-06-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E013171004_disertasi_15-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 December 2024.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

SUMARDI. Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Makassar (dibimbing oleh Armin, Hasniati, dan Nur Indrayati Nur Indar).
Permasalahan dalam penelitian ini adalah implementasi kebijakan yang belum optimal serta aspek yang mempengaruhi implementasi kebijakan yang belum efektif pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan dan aspek yang mempengaruhi implementasi kebijakan pelayanan administrasi serta membangun model rekomendasi implementasi kebijakan pelayanan administrasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara terhadap 18 informan serta didukung oleh observasi dan telaah dokumentasi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar.
Hasil penelitian menunjukkan implementasi kebijakan pelayanan administrasi telah dilakukan interpretasi terhadap kebijakan di atasnya, namun pengaturan penempatan pegawai yang kurang efektif karena hanya menempatkan pegawai dua orang saja pada loket verifikasi berkas sehingga penerapannya mengakibatkan antrian yang panjang. Aspek yang mempengaruhi implementasi kebijakan pelayanan administrasi berdasarkan aspek standar dan sasaran kebijakan belum efektif karena penerapan visi misi yang sudah lewat masa berlakunya. Sumber daya manusia yang belum memadai baik kuantitas maupun kualitas serta anggaran yang belum memadai. Komunikasi antarorganisasi belum berjalan efektif karena lemahnya koordinasi antara pihak Implementor. Karakteristik agen pelaksana menunjukkan lemahnya koordinasi oleh implementor atas pengaturan dan prosedur layanan yang ada serta kurangnya sosialisasi kepada masyarakat. Sikap pelaksana menunjukkan lemahnya koordinasi oleh implementor atas inovasi layanan yang dibuat serta minimnya sosialisasi kepada masyarakat. Keadaan masyarakat menunjukkan masih lemahnya kemampuan masyarakat dalam beradptasi terhadap prosedur dan inovasi layanan yang telah dibuat. Implementasi kebijakan pelayanan administrasi akan berjalan efektif apabila didukung oleh sumberdaya yang memadai dan kemampuan masyarakat yang mudah beradaptasi terhadap prosedur dan inovasi layanan yang telah dibuat serta didukung oleh koordinasi dan sosialisasi yang maksimal. Output penelitian ini adalah model rekomendasi implementasi kebijakan pelayanan administrasi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar.

Keywords : Implementasi, Kebijakan, Pelayanan, Administrasi.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Implementation, Policy, Service, Administration
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 06:19
Last Modified: 02 Jan 2023 06:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23907

Actions (login required)

View Item
View Item