Inovasi Pelayanan Publik Studi Kasus Sentuh Pustaka di Dinas Perpustakaan Kota Makassar = Public Service Innovation A Case Study of Sentuh Pustaka at the Makassar City Library Service


Annisa, Zahra (2022) Inovasi Pelayanan Publik Studi Kasus Sentuh Pustaka di Dinas Perpustakaan Kota Makassar = Public Service Innovation A Case Study of Sentuh Pustaka at the Makassar City Library Service. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011181327_skripsi_cover1.jpg

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011181327_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (869kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011181327_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011181327_skripsi_25-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 December 2024.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ZAHRA ANNISA (E011181327), Inovasi Pelayanan Publik Studi Kasus Sentuh Pustaka di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. (Dibimbing oleh Dr. Gita Susanti, M.Si dan Muh. Tang Abdullah, S.Sos.,M.A.P)
Inovasi Sentuh Pustaka atau akronim dari Semua Membantu Menghidupkan Perpustakaan merupakan salah satu inovasi yang dilakukan pemerintah Kota Makassar dalam hal ini Dinas Perpustakaan. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan dan menganalisis atribut inovasi pelayanan Sentuh Pustaka. Inovasi ini hadir memberikan dampak dalam hal peningkatan literasi dan layanan literasi di perpustakaan sekolah dalam rangka mewujudkan Standar Nasional Perpustakaan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala dinas perpustakaan, tim pembina perpustakaan, kepala sekolah, penanggung jawab perpustakaan, pengiat literasi. Model analisis yang digunakan dalam menganalisis data yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada teori the Attributes of Innovati ons menurut Rogers (2003), memiliki 5 atribut yang sudah diimplementasikan dengan baik dalam atribut inovasi terkait Sentuh Pustaka yaitu keunggulan relatif yang dapat mencapai tujuan perpustakaan kota Makassar. Kesesuaian dengan SOP (Standard Operasional Procedure) dan SNP (Standar Nasional Perpustakaan) yang dianggap konsisten dalam pelayanan. Kerumitan terdapat hambatan individu, organisasi dan manajerial. Kemampuan diamati sangat berdampak pada kualitas perpustakaan sekolah. Dan kemampuan di uji cobakan tentunya sangat diterima oleh pihak sekolah yang menjadi sasaran inovasi Sentuh Pustaka. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa keputusan yang diambil dalam pelayanan Sentuh Pustaka di Dinas Perpustakaan kota Makassar teradopsi sebagai bentuk inovasi dalam pelayanan publik dalam meningkatkan akreditasi perpustakaan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan.

Kata Kunci: Inovasi, Perpustakaan, Sentuh Pustaka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Innovation, Library, Sentuh Pustaka
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:49
Last Modified: 02 Jan 2023 02:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23877

Actions (login required)

View Item
View Item