Tri, Shiva Wulan (2022) INOVASI PELAYANAN PUBLIK DI BADAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI SULAWESI SELATAN (STUDI KASUS: KEDAI SAMSAT KOTA MAKASSAR) = PUBLIC SERVICE INNOVATION IN SOUTH SULAWESI PROVINCE REGIONAL REVENUE AGENCY (CASE STUDY: KEDAI SAMSAT MAKASSAR CITY). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
E011181324_skripsi_06-07-2022 cover1.png
Download (238kB) | Preview
E011181324_skripsi_06-07-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
E011181324_skripsi_06-07-2022 dp.pdf
Download (2MB)
E011181324_skripsi_06-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 December 2024.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Shiva Wulan Tri (E011181324). Inovasi Pelayanan Publik Di Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Studi Kasus: Kedai SAMSAT Kota Makassar) Tahun 2022. XVI + 109 Halaman + 5 Gambar + 7 Tabel + 46 Daftar Pustaka + Lampiran + Dibimbing Oleh Prof. Dr. Sangkala, M.Si dan Dr.Muhammad Yunus, MA.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui Inovasi Pelayanan Publik Di Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Studi Kasus: Kedai SAMSAT Kota Makassar) serta mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan inovasi tersebut.
Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari wawancara kepada informan dan observasi dilapangan. Sedangkan data sekunder bersumber dari data Kedai SAMSAT di Bapenda Prov. Sul-Sel, yang dimana fokus penelitiannya menggunakan lima indikator atribut inovasi menurut Rogers yang terdiri dari Relative Advantage (keuntungan relatif), Compatibility (kesesuaian), Complexity (kerumitan), Triability (kemungkinan dicoba), dan Observability (kemudahan diamati).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi Pelayanan Publik Di Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Studi Kasus: Kedai SAMSAT Kota Makassar) sudah berjalan dengan baik namun masih belum optimal dikarenakan masih terdapat kendala yang harus diatasi dan diperbaiki. Kendala dari inovasi Kedai SAMSAT ini dapat dilihat dari indikator Complexity (kerumitan) yaitu sering terjadi ganguan pada aplikasi dan jaringan internet mengalami blankspot sehingga menghambat jalannya proses pelayanan. Adapun faktor pendukung dalam inovasi Kedai SAMSAT ini terdiri dari desain yang unik, prosedur dan mekanisme pelayanan, peningkatan kunjungan wajib pajak, tidak memerlukan biaya besar, meningkatkan perekonomian masyarakat. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal.
Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan, Kedai SAMSAT
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Innovation, Service, Kedai SAMSAT |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 02:49 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 02:49 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23876 |