STRATEGI PELAYANAN PASPOR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KANTOR IMIGRASI KELAS I MAKASSAR = PASSPORT SERVICE STRATEGY DURING THE COVID-19 PANDEMIC PERIOD AT THE MAKASSAR CLASS I IMMIGRATION OFFICE


Marsita, Indah (2022) STRATEGI PELAYANAN PASPOR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KANTOR IMIGRASI KELAS I MAKASSAR = PASSPORT SERVICE STRATEGY DURING THE COVID-19 PANDEMIC PERIOD AT THE MAKASSAR CLASS I IMMIGRATION OFFICE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011181318_skripsi_cover1.jpg

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011181318_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011181318_skripsi_dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011181318_skripsi_25-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 December 2024.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Indah Marsita, Nomor Pokok E011181318 menyusun skripsi yang berjudul: “Strategi Pelayanan Paspor Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kantor Imigrasi Kelas I Makassar” xvii + 97 Halaman + 15 Gambar + 2 Tabel + 26 Daftar Pustaka, dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Sulaiman Asang, MS dan Bapak Dr. Badu Ahmad, M.Si.
Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak tahun 2019 mengakibatkan banyak sektor terkena dampak negatif. Tidak luput dari itu organisasi pemerintahan pun terkena dampaknya. Proses pelayanan yang diberikan pemerintah terhambat dikarenakan kondisi yang mengharuskan setiap orang untuk berjaga jarak dan membatasi aktivitas. Oleh karena itu, perlu dilakukan strategi pelayanan agar mampu memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.
Secara umum penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai Strategi Pelayanan Paspor Pada Masa Pandemi Di Kantor Imigrasi Kelas I Makassar yang memiliki pelayanan paspor yang baik meskipun di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode tipe deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini berdasarkan pada 5 Konsep Strategi menurut Mintzberg, yaitu Strategi Rencana, Cara, Pola khusus, Posisi, Perspektif. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi langsung, dan dokumen yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan fokus penelitian teori konsep strategi dari Mintzberg, strategi pelayanan paspor yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Makassar belum sepenuhnya dilakukan, hanya beberapa poin dari konsep strategi tersebut yang dilaksanakan. Hal tersebut dikarenakan Kantor Imigrasi Kelas I Makassar memiliki sistem terpusat, dimana Kantor Imigrasi Kelas I Makassar hanya sebagai pelaksana tugas, perencanaan dan standar operasional kerja disusun oleh Direktorat Jenderal Imigrasi. Namun meskipun begitu, Kantor Imigrasi Kelas I Makassar tetap memberikan pelayanan yang berkualitas meskipun ditengah masa pandemi Covid-19 dengan melakukan inovasi-inovasi layanan dan kepuasan masyarakat atau pemohon paspor sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan dari pemberian pelayanan.

Keywords : Strategi, Pelayanan, Covid-19, Paspor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategy, Service, Covid-19, Passport
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:48
Last Modified: 02 Jan 2023 02:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23873

Actions (login required)

View Item
View Item