Inovasi Pelayanan Administrasi melalui Aplikasi New LAIKA di Kelurahan Korumba Kecamatan Mandonga Kota Kendari = Innovation of Administrative Services Through the New LAIKA Application in Korumba Village, Mandonga District, Kendari City


Agussalim, Anggit Aulia (2022) Inovasi Pelayanan Administrasi melalui Aplikasi New LAIKA di Kelurahan Korumba Kecamatan Mandonga Kota Kendari = Innovation of Administrative Services Through the New LAIKA Application in Korumba Village, Mandonga District, Kendari City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011181310_skripsi_cover1.jpg

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011181310_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011181310_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011181310_skripsi_25-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 December 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Anggit Aulia Agussalim (E011181310) dengan skripsi berjudul “Inovasi Pelayanan Administrasi Melalui Aplikasi New LAIKA di Kelurahan Korumba Kecamatan Mandonga Kota Kendari” xvi + 98 Halaman + 10 Gambar + 4 Tabel + 25 Daftar Pustaka, Dibimbing oleh Dr. Nurdin Nara M.Si dan Adnan Nasution, S.Sos., M.Si .
Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan inovasi pelayanan administrasi melalui Aplikasi New LAIKA di Kelurahan Korumba Kecamatan Mandonga Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif kualitatif. Fokus penelitiannya berdasarkan pada 5 atribut inovasi yakni keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemampuan uji coba dan kemudahan diamati. Instrumen pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumen yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi ini merupakan suatu inovasi yang secara umum pelaksanaan administrasi di kantor Kelurahan Korumba Kecamatan Mandonga Kota Kendari sudah berjalan dengan cukup baik, dapat dilihat dari respon positif dan dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat dan layanan administrasi persuratan, dari segi efisiensi pelayanan yang diberikan sangat memudahkan masyarakat khususnya yang belum melek akan teknologi. Namun, diantara keberhasilan tersebut, pelayanan administrasi New LAIKA mempunyai kekurangan yakni masyarakat kota Kendari belum sepenuhnya dapat menggunakan inovasi ini dikarenakan fasilitas yang kurang memadai sosialisasi serta pegawai yang belum meluas dan merata.

Kata kunci : Inovasi, Pelayanan Administrasi, New LAIKA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Innovation, Administration Service, New LAIKA
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:46
Last Modified: 02 Jan 2023 02:46
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23868

Actions (login required)

View Item
View Item