INOVASI LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) DI DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA, STATISTIK, DAN PERSANDIAN PROVINSI SULAWESI SELATAN = Innovation of People's Online Aspirations and Complaints Service (LAPOR) at the Communication, Information, Statistics, and Encoding Services of the South Sulawesi Provincial Government


Baladiyah, Nur (2022) INOVASI LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) DI DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA, STATISTIK, DAN PERSANDIAN PROVINSI SULAWESI SELATAN = Innovation of People's Online Aspirations and Complaints Service (LAPOR) at the Communication, Information, Statistics, and Encoding Services of the South Sulawesi Provincial Government. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011181002_skripsi_cover1.jpg

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011181002_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011181002_skripsi_dp.pdf

Download (858kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011181002_skripsi_25-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 December 2024.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Nur Baladiyah, Nomor Pokok E011181002 menyusun skripsi yang berjudul: “Inovasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) di Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan” : xv + 91 halaman + 15 gambar + 27 Daftar Pustaka, dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Moh. Thahir Haning, M. Si. Dan Bapak Adnan Nasution, S. Sos. M. Si.
Inovasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) adalah salah satu aplikasi yang digagas Pemerintah pusat yang kini telah menjadi aplikasi umum dan wajib diterapkan di seluruh Provinsi, Kabupaten atau Kota yang ada di Indonesia yang menampung aduan/aspirasi masyarakat terhadap pelayanan publik. Inovasi program LAPOR salah satu yang menerapkan yaitu Provinsi Sulawesi Selatan yang bertujuan agar semua aduan masyarakat dapat terkoondinasi dengan baik. hal ini tentunya membuat pelapor lebih mudah, efisien, dan transparansi dalam mengadu.
Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif. Fokus pada inovasi LAPOR di Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Diskominfo yang memakai Teori Tipologi inovasi dari Mulgan dan Albury. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi LAPOR memiliki unsur-unsur tipologi inovasi yaitu inovasi produk layanan LAPOR tersebut, menerima aduan metode online dan terkoordinasi dengan dinas yang terkait dan juga bersifat transparan. LAPOR juga merupakan inovasi proses layanan karena alur pelayanan yang berbeda dari sebelumnya. Inovasi metode layanan LAPOR yaitu bisa diakses oleh beberapa metode. LAPOR juga memiliki inovasi kebijakan karena adanya LAPOR dilandasi oleh kebijakan yang terdapat tujuan dan memiliki strategi untuk kedepannya. Inovasi sistem layanan yaitu terlibatnya pemerintah pusat, provinsi, daerah, dan Admin dalam mengelola aplikasi LAPOR.

Keywords : Inovasi, Layanan Pengaduan, LAPOR, Aduan Online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Innovation, Complaint Service, LAPOR, Online Complaint
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 01:23
Last Modified: 02 Jan 2023 01:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23836

Actions (login required)

View Item
View Item