Inovasi Pengembangan Pariwisata Melalui Local Branding Poduct Di Kabupaten Toraja Utara = Innovation of Tourism Development Through Local Branding Product in North Toraja Regency


Putra, Adhe Surya Pratama (2022) Inovasi Pengembangan Pariwisata Melalui Local Branding Poduct Di Kabupaten Toraja Utara = Innovation of Tourism Development Through Local Branding Product in North Toraja Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E011171323_skripsi_cover1.jpg

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E011171323_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E011171323_skripsi_dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E011171323_skripsi_25-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 December 2024.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Adhe Surya Pratama Putra (E011171323). Inovasi Pengembangan Pariwisata Melalui Local Branding Product Di Kabupaten Toraja Utara. Di Bawah Bimbingan Prof. Dr. Moh. Thahir Haning, M. Si dan Dr.Muhammad Rusdi M.Si
Local Branding Product merupakan inovasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toraja Utara dalam upaya pengembangan sektor pariwisata. Local Branding Product ini merupakan sebuah ide untuk mengembangkan pariwisata melalui pelibatan pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Toraja Utara dengan metode pelatihan dan pendampingan peningkatan produktifitas.
Secara umum, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses inovasi pengembangan pariwisata melalui local branding product di Kabupaten Toraja Utara melalui beberapa tahapan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif yang bersifat deksriptif untuk menggambarkan realita yang terjadi dan memperoleh informasi yang dapat diuji keasilannya. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam pemilihan informan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumen. Sedangkan analisis datanya diawali dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data lalu diakhiri dengan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pengembangan pariwisata melalui local branding product di Kabupaten Toraja Utara telah berjalan dengan baik dan optimal. Hal ini dibuktikan dengan berdasarkan 4 indikator yang diteliti yakni mulai dari penemuan ide, seleksi, implementasi hingga tahap defusi. Dari 4 indikator tersebut sudah berjalan seperti apa yang telah diproyeksikan dinas terkait. Adapun hal-hal yang dinilah masih terdapat kekurangan sekiranya dapat diperhatikan dan diperbaiki pada saat peninjauan ulang program.

Kata Kunci: Inovasi, Pariwisata, Produk Lokal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Innovation, Tourism, Local Product
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Jan 2023 01:24
Last Modified: 02 Jan 2023 01:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23829

Actions (login required)

View Item
View Item