Arahan Peningkatan Kualitas Bermukim Rusunawa Lette Berdasarkan Konsep Kenyamanan Tinggal (Livability) = Directions For Improving The Quality of Living in Rusunawa Lette Based on The Livability Concept


Sitepu, Suranta Muli (2022) Arahan Peningkatan Kualitas Bermukim Rusunawa Lette Berdasarkan Konsep Kenyamanan Tinggal (Livability) = Directions For Improving The Quality of Living in Rusunawa Lette Based on The Livability Concept. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D101181503_skripsi_28-09-2022 cover1.png

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D101181503_skripsi_28-09-2022 1-2.pdf

Download (959kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D101181503_skripsi_28-09-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D101181503_skripsi_28-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 December 2024.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu upaya pemerintah dalam menekan jumlah permukiman kumuh yaitu melalui pengadaan rumah susun. Konsep livability dapat dijadikan sebagai referensi dalam mengidentifikasi apakah rusunawa dapat memenuhi kriteria livable dan menentukan upaya untuk meningkatkan kualitas bermukim. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menganalisis kondisi eksisting Rusunawa Lette berdasarkan konsep livability; (2) menganalisis tingkat kepuasan penghuni terhadap konsep livability pada Rusunawa Lette; dan (3) menyusun arahan peningkatan kualitas bermukim dengan pendekatan konsep livability. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif, dengan menggunakan metode analisis Service Quality (servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian ini yaitu (1) fisik bangunan Rusunawa Lette tidak terawat namun memiliki sistem ventilasi yang baik. Hubungan dan kegiatan sosial antar penghuni sangat baik, meskipun tidak terdapat ruang publik. Pos keamanan tidak berfungsi dan tidak ada sistem proteksi kebakaran. Fasilitas kesehatan, pendidikan, dan perdagangan dan jasa tersedia dengan baik namun tidak ada fasilitas untuk kaum difabel. Prasarana umum seperti listrik, air, persampahan, dan drainase memiliki kinerja yang cukup baik; (2) selanjutnya untuk tingkat kepuasan penghuni mendapat skor kepuasan -1,24 dimana skor (<0) berarti kenyataan tidak sesuai harapan penghuni atau terdapat kesenjangan antara harapan dan persepsi penghuni (3) kemudian rekomendasi peningkatan kualitas Rusunawa Lette berdasarkan karakteristik livability dengan penanganan prioritas utama antara lain melalui perbaikan dan peremajaan fisik bangunan, penyediaan ruang publik serbaguna, pemaksimalan kembali petugas keamanan, dan pengadaan APAR dan hidran di setiap lantai.

Keywords : Rusunawa, Livability, Kualitas Bermukim, Permukiman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Flats, Public Housing, Livability, Living Quality, Housing
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah Kota
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Dec 2022 07:36
Last Modified: 26 Dec 2022 07:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23758

Actions (login required)

View Item
View Item