Persepsi Penumpang Terhadap Fasilitas Pelayanan Di Terminal Daya = Passenger's Perception Of Service Facilities At Terminal Daya, Makassar City


Sari, Intan Mei Puspita (2022) Persepsi Penumpang Terhadap Fasilitas Pelayanan Di Terminal Daya = Passenger's Perception Of Service Facilities At Terminal Daya, Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D101181002_skripsi_16-08-2022 cover1.png

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D101181002_skripsi_16-08-2022 1-2.pdf

Download (859kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D101181002_skripsi_16-08-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D101181002_skripsi_16-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 December 2024.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Terminal Daya diresmikan sekitar tahun 2003 dengan luas sekitar 12 (Ha) yang terletak di sisi timur Kota Makassar. Terminal Daya memiliki perjanjian dalam hal perbaikan fasilitas yang ditanggungkan kepada pihak Perusahaan Swasta selama 25 tahun dan dilihat dari penelitian awal fasilitas yang ada di Terminal Daya dalam kondisi yang kurang baik. Tujuan penelitian tersebut yakni (1) untuk mengetahui kesesuaian fasilitas alih moda di Terminal Daya, (2) untuk menganalisis persepsi penumpang terhadap fasilitas pelayanan di Terminal Daya, dan (3) untuk memberikan rekomendasi atau saran terkait fasilitas pelayanan berdasarkan persepsi penumpang. Waktu penelitian ini dimulai pada bulan September 2021 hingga April tahun 2022 selama (8 bulan). Lokasi penelitian ini berada di Terminal Daya, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar. Data sekunder yang diperoleh berdasarkan hasil studi literatur, penelitian terdahulu, serta NSPK yang ditetapkan. Adapun data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan pihak Perusahaan Daerah Terminal Makassar Metro dan penumpang Terminal Daya terkait fasilitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis komparatif, dan analisis skala likert. Dari hasil analisis terdapat beberapa fasilitas alih moda yang belum sesuai di Terminal Daya berdasarkan dengan peraturan yang telah ditetapkan. Hasil rekapitulasi fasilitas pelayanan di Terminal Daya menunjukan tingkat pelayanan yang diperoleh 46,44%. Dari hasil analisis terkait fasilitas pelayanan menunjukkan bahwa kondisi fasilitas pelayanan di dominasi dalam keadaan tidak baik (D) dan terdapat permasalahan yang muncul terkait terminal bayang di luar Terminal Daya. Rekomendasi/saran terhadap 15 fasilitas pelayanan dilakukan dengan menjadikan Terminal Purabaya sebagai tolak ukur fasilitas pelayanan dikarenakan Terminal Purabaya dikelola oleh Kementerian Perhubungan dan termasuk ke dalam Terminal percontohan di Indonesia. Saran yang dapat diberikan untuk mengatasi terminal bayangan yakni dengan petugas yang berjaga, penetapan peraturan, tarif, dan fasilitas pelayanan.

Keywords : Persepsi, Penumpang, Fasilitas Pelayanan, Terminal Daya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perception, Passengers, Service Facilities, Terminal Daya
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah Kota
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Dec 2022 07:21
Last Modified: 26 Dec 2022 07:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23741

Actions (login required)

View Item
View Item