Evendi, Asril (2022) ANALISA EVAKUASI PENUMPANG KMP. NEW ROSE = PASSENGER EVACUATION ANALYSIS KMP. NEW ROSE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
![[thumbnail of Cover]](/23707/1.hassmallThumbnailVersion/D091171004_skripsi_24-05-2022%20cover1.png)

D091171004_skripsi_24-05-2022 cover1.png
Download (151kB) | Preview
![[thumbnail of Bab 1-2]](/style/images/fileicons/text.png)
D091171004_skripsi_24-05-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Dapus]](/style/images/fileicons/text.png)
D091171004_skripsi_24-05-2022 dp.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Full Text]](/style/images/fileicons/text.png)
D091171004_skripsi_24-05-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 December 2024.
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Kapal Ferry Ro-ro merupakan jenis kapal penyeberangan yang cocok untuk angkutan kendaraan dan penumpang. Dengan semakin besar kapasitas angkut penumpang perlu diperhatikan pula prosedur jalur dan waktu evakuasi guna menghadapi keadaan darurat, hal ini sangat penting guna meminimalkan terjadinya korban jiwa. International Maritime Organization (IMO) telah mengeluarkan suatu regulasi untuk evakuasi dari berbagai tipe kapal dengan pendekatan analisis dimana nilai waktu evakuasi untuk jenis kapal Ferry ro-ro kurang dari 60 menit. Pendekatan analisis evakuasi pada kapal Ferry untuk jalur pelayaran Siwa – Tobaku dilakukan dalam rangka untuk mengetahui seberapa besar waktu evakuasi yang dibutuhkan dengan menggunakan metode advance analysis. Metode ini merupakan metode yang direkomendasikan IMO sebagaimana tertera dalam regulasi MSC.1/Circ.1238. Dari analisa dengan bantuan software pathfinder 2019 didapatkan hasil waktu evakuasi penumpang skenario A dengan waktu 37.2 menit pada siang hari dan 43.45 menit pada malam hari. Skenario B dengan waktu 41.61 menit pada siang hari dan 47.86 menit pada malam hari.
Kapal Ferry Ro-ro merupakan jenis kapal penyeberangan yang cocok untuk angkutan kendaraan dan penumpang. Dengan semakin besar kapasitas angkut penumpang perlu diperhatikan pula prosedur jalur dan waktu evakuasi guna menghadapi keadaan darurat, hal ini sangat penting guna meminimalkan terjadinya korban jiwa. International Maritime Organization (IMO) telah mengeluarkan suatu regulasi untuk evakuasi dari berbagai tipe kapal dengan pendekatan analisis dimana nilai waktu evakuasi untuk jenis kapal Ferry ro-ro kurang dari 60 menit. Pendekatan analisis evakuasi pada kapal Ferry untuk jalur pelayaran Siwa – Tobaku dilakukan dalam rangka untuk mengetahui seberapa besar waktu evakuasi yang dibutuhkan dengan menggunakan metode advance analysis. Metode ini merupakan metode yang direkomendasikan IMO sebagaimana tertera dalam regulasi MSC.1/Circ.1238. Dari analisa dengan bantuan software pathfinder 2019 didapatkan hasil waktu evakuasi penumpang skenario A dengan waktu 37.2 menit pada siang hari dan 43.45 menit pada malam hari. Skenario B dengan waktu 41.61 menit pada siang hari dan 47.86 menit pada malam hari.
Kata kunci: Evakuasi, Ferri Ro-ro, Penumpang, Pathfinder.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evacuation, Ferri Ro-ro, Passenger, Pathfinder |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 00:51 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 00:51 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23707 |