Analisa Fenomena sloshing pada tangki muat kapal tanker terhadap karakteristik gelombang = Analysis of the sloshing phenomenon on tanker cargo tanks against wave characteristics


Akbar, Muhammad Aqli (2022) Analisa Fenomena sloshing pada tangki muat kapal tanker terhadap karakteristik gelombang = Analysis of the sloshing phenomenon on tanker cargo tanks against wave characteristics. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D081171016_skripsi_04-08-2022 cover1.png

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D081171016_skripsi_04-08-2022 1-2.pdf

Download (603kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D081171016_skripsi_04-08-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D081171016_skripsi_04-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 November 2024.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penggunaan kapal tanker memiliki peranan yang sangat penting dalam industri maritim. Salah satu bagian yang penting pada kapal ini adalah tangki yang didesain sebagai wadah tempat menyimpan muatan. Sebagai media penyimpanan, tangki akan selalu mendapatkan beban yang berasal dari dalam maupun beban yang berasal dari luar tangki, sloshing merupakan salah satu beban yang berasal dari dalam. Sloshing timbul akibat adanya gerakan kapal/tangki mengakibatkan gerak bebas fluida berosilasi menghantam dinding tangki. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh muatan terhadap gerakan dan beban sloshing pada tangki dengan variasi jumlah muat. Model tangki yang digunakan mengambil referensi kapal tanker general purpose yang mengangkut minyak mentah dalam kondisi dua dimensi persegi panjang dibagian (midship) dengan lebar 8,6 m dan tinggi 8 m pada sisi kiri dan kanan centerline. Amplitudo gelombang yang akan dipakai dalam penelitian ini terdiri dari tiga variasi yaitu 2,43 m, 2,93 m dan 3,43 m. Variasi muatan yang digunakan adalah volume muatan 10% (ketinggian 0.8 m), 30% (ketinggian 2,4 m), 50% (ketinggian 4 m), 70% (ketinggian 5,6 m) dan 90% (ketinggian 7,8 m). Simulasi dilaksanakan dengan metode numerik yaitu Computational Fluid Dynamic (CFD) menggunakan software Ansys Fluent. Gerakang tangki didasarkan dari gerakan kapal yang dibatasi pada gerak heav dan roll. Nilai tekanan yang dihasilkan menunjukkan bahwa semakin besar ketinggian muatan fluida tangki dan semakin besar nilai amplitude gelombang maka akan semakin besar pula nilai tekanan yang yang terjadi pada dinding tangki.

Keywords : Heaving, Rolling ,Sloshing, Tekanan, dan Tangki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Heaving, Rolling, Sloshing, Pressure, and Tank
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Kelautan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 05 Dec 2022 01:39
Last Modified: 05 Dec 2022 01:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23681

Actions (login required)

View Item
View Item