Kepuasan Penumpang Terhadap Fasilitas Dan Pelayanan Pada Transportasi Ekonomis Mudah Andal Dan Nyaman (TEMAN) Bus Makassar = Passenger Satisfaction With Facilities And Services On Transportasi Ekonomis Mudah Andal Dan Nyaman (TEMAN) Bus Makassar


Syafruddin, Nurul Afifah (2022) Kepuasan Penumpang Terhadap Fasilitas Dan Pelayanan Pada Transportasi Ekonomis Mudah Andal Dan Nyaman (TEMAN) Bus Makassar = Passenger Satisfaction With Facilities And Services On Transportasi Ekonomis Mudah Andal Dan Nyaman (TEMAN) Bus Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D071181023_skripsi_12-10-2022 cover1.png

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D071181023_skripsi_12-10-2022 1-2.pdf

Download (817kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D071181023_skripsi_12-10-2022 dp.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D071181023_skripsi_12-10-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 November 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Hadirnya transportasi Teman Bus Makassar menarik minat masyarakat Makassar untuk memilih menggunakan Teman Bus Makassar dibanding dengan transportasi lainnya. Banyaknya pengguna tidak menutup kemungkinan terdapatnya hal-hal yang menjadi sumber keluhan dari pengguna. Teman Bus Makassar tentunya perlu untuk terus memperhatikan kepuasan penumpangnya sehingga bisa mempertahankan pelanggan bagi kelancaran pengoperasiannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan penumpang terhadap fasilitas dan pelayanan Teman Bus Makassar. Penelitian ini menggunakan menggunakan data primer yang berasal dari kuesioner dengan melibatkan 323 responden yang merupakan penumpang Teman Bus Makassar. Metode analisis yang digunakan yakni Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Berdasarkan analisis data menggunakan metode IPA terdapat 6 atribut yang masih perlu diperbaiki, yaitu ketersediaan sandaran tangan pada kursi, posisi handgrip, ketersediaan bus selama 24 jam, kesesuaian waktu keberangkatan dan tiba bus dengan jadwal, keakurasian informasi jadwal/pemberhentian bus, serta jarak antar kursi penumpang. Berdasarkan analisis menggunakan metode CSI, tingkat kepuasan pengguna saat ini sebesar 84,57%.

Keywords : Kepuasan Penumpang, Teman Bus Makassar, IPA, CSI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Passenger Satisfaction, Teman Bus Makassar, IPA, CSI
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Nov 2022 01:00
Last Modified: 30 Nov 2022 01:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23644

Actions (login required)

View Item
View Item