KONSEP RAINWATER HARVESTING SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER DAYA AIR BERSIH DI KAMPUNG LAKKANG, KOTA MAKASSAR = THE CONCEPT OF RAINWATER HARVESTING AS AN ALTERNATIVE TO CLEAN WATER RESOURCES IN LAKKANG VILLAGE, MAKASSAR CITY


Djalle, Ratih Nisrina Pratiwi R. (2022) KONSEP RAINWATER HARVESTING SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER DAYA AIR BERSIH DI KAMPUNG LAKKANG, KOTA MAKASSAR = THE CONCEPT OF RAINWATER HARVESTING AS AN ALTERNATIVE TO CLEAN WATER RESOURCES IN LAKKANG VILLAGE, MAKASSAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D52116521_skripsi_17-06-2022 cover1.png

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D52116521_skripsi_17-06-2022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D52116521_skripsi_17-06-2022 dp.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D52116521_skripsi_17-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 November 2024.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Pemanenan air hujan (rainwater harvesting) adalah sistem pengumpulan dan penampungan air hujan untuk digunakan kembali dalam kegiatan sehari-hari, seperti untuk kebutuhan air bersih (clean water), air untuk keperluan rumah tangga (domestic water), keperluan peternakan/pertanian (livestock), keperluan gedung komersial (commercial building), keperluan industri (industry), serta air hujan juga merupakan pilihan yang sangat tepat untuk digunakan sebagai alternatif sumber air minum dibandingkan air sungai dilihat dari kualitas dan kuantitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengoperasian instalasi dan perawatan teknik rainwater harvesting, mengevaluasi potensi aplikasi rainwater harvesting, dan memberikan arahan konsep rainwater harvesting yang dapat diaplikasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan Maret 2020 hingga November 2020. Metode pengumpulan data dilakukan secara primer melalui observasi, survei lapangan, pengamatan fungsi bangunan. Adapun data sekunder didapatkan melalui studi literatur dan data instansi pemerintahan. Analisis yang digunakan berupa analisis sintesis literatur untuk menentukan arahan konsep rainwater harvesting yang dapat diaplikasikan, analisis potensi rainwater harvesting per bangunan, analisis jumlah air hujan yang dapat dipanen, dan analisis jumlah kebutuhan air rumah tangga/domestik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaplikasian konsep rainwater harvesting ini dapat mencukupi kebutuhan air dan mampu menjadi salah satu alternatif dalam pemenuhan kebutuhan air bersih di Kampung Lakkang, Kota Makassar. Potensi rainwater harvesting di Kampung Lakkang berdasarkan hasil perhitungan adalah 58.099.680 liter/hari atau jika diasumsikan apabila setiap rumah memiliki luas atap yang sama, maka setiap rumah dapat menampung air hujan sebesar 272.768 liter/hari/rumah. Angka tersebut didapatkan melalui air hujan yang dapat dipanen di Kampung Lakkang dibagi dengan jumlah rumah di Kampung Lakkang yaitu 213 rumah. Dengan jumlah kebutuhan air rumah tangga/domestik di Kampung Lakkang, Kota Makassar menunjukkan sebesar 58620 liter/hari, dengan rata-rata kebutuhan air rumah tangga/domestik untuk setiap rumah sebesar 300 liter/hari.

Keywords : Konsep, Pemanenan Air Hujan, Air Besih, Kampung Lakkang, Kota Makassar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Concept, Rainwater Harvesting, Clean Water, Lakkang Village, Makassar City
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Perencanaan dan Pengembangan Wilayah
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:45
Last Modified: 25 Nov 2022 07:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23561

Actions (login required)

View Item
View Item