Humaerah, Puteri (2020) Studi Gambaran Intensitas Pemakaian Gawai dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan serta Prestasi Belajar Siswa di SMA Handayani Sungguminasa. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
K11116501_skripsi_01-09-2020 cover1.jpg
Download (253kB) | Preview
K11116501_skripsi_01-09-2020 1-4.pdf
Download (535kB)
K11116501_skripsi_01-09-2020 dapus-lampiran.pdf
Download (531kB)
K11116501_skripsi_01-09-2020.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (979kB)
Abstract (Abstrak)
Latar Belakang: Dalam era globalisasi, salah satu teknologi yang berkembang
yaitu gawai, dalam pemakaian gawai sangat bermacam-macam seperti mencari
informasi, bermedia sosial, dan hiburan. Jika intensitas pemakaian gawai
berlebihan bisa berdampak bagi kesehatan seperti sakit kepala, terlambat tidur dan
penglihatan menjadi buram.. Tujuan: Untuk mengetahui gambaran Intensitas
pemakaian gawai dan pengaruhnya terhadap kesehatan serta prestasi belajar siswa
di SMA Handayani Sungguminasa. Metode: Penelitian merupakan penelitian
kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada akhir bulan
Juni sampai dengan awal bulan Juli 2020. Metode pengambilan sampel
menggunakan nonprobability sampling purposive sampling dengan besar sampel
sebanyak 52 siswa. Alat pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner
dalam bentuk google form. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif
dan penyajian data berupa tabel disertai dengan narasi. Hasil: Tingkat intensitas
pemakaian gawai masih berada di tingkat rendah (55,8%), pada bagian kesehatan
responden yang paling banyak berada di posisi sedang (46,2%), pada bagian
prestasi belajar responden yang paling banyak berada di posisi sedang sebesar
57,7%. Kesimpulan: Dari penelitian tersebut intensitas pemakaian gawai
berpengaruh terhadap kesehatan di SMA Handayani Sungguminasa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gawai, Intensitas Pemakaian Gawai, Kesehatan |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Andi Milu |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 03:31 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:46 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2355 |