Analisis Efek Kualitas Komunikasi dan Kualitas Layanan Informasi terhadap Kepuasan Pengguna BPJS Kesehatan di Kota Makassar = Analysis of the Effect of Communication Quality and Information Service Quality on BPJS Kesehatan User Satisfaction in Makassar City


Nahdiana, Nahdiana (2022) Analisis Efek Kualitas Komunikasi dan Kualitas Layanan Informasi terhadap Kepuasan Pengguna BPJS Kesehatan di Kota Makassar = Analysis of the Effect of Communication Quality and Information Service Quality on BPJS Kesehatan User Satisfaction in Makassar City. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
E033172002_disertasi_cover1.jpg

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E033172002_disertasi_Bab1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E033172002_disertasi_Dapus.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E033172002_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2024.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas komunikasi dan kualitas layanan informasi terhadap kepuasan peserta BPJS Kesehatan. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan metode eksplanatori survey. Lokasi penelitian dilakukan di beberapa Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan (FKTL) yang ada di Kota Makassar dengan mengambil sampel peserta BPJS Kesehatan Non PBI (peserta bukan penerima bantuan iuran) sebanyak 405 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan menyebarkan kuesioner yang dibagikan melalui google form dan secara manual. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis statistic deskriptif dengan menggunakan table silang.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan variable kualitas komunikasi (X1) secara parsial terhadap kepuasan pengguna (Y) dengan nilai korelasi/hubungan (R) sebesar 0,921 dan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,849, terdapat pengaruh yang signifikan variable kualitas layanan informasi (X2) secara parsial terhadap kepuasan pengguna (Y) dengan nilai korelasi/hubungan (R) sebesar 0,935 dan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,875, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara variable kualitas komunikasi (X1) dan kualitas layanan informasi (X2) secara simultan terhadap kepuasan pengguna (Y) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung variable kualitas komunikasi dan kualitas layanan informasi sebesar 2026,760 > nilai t tabel 3,018 yang berarti variable kualitas komunikasi dan kualitas layanan informasi berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap variable kepuasan pengguna, nilai R Square sebesar 0.910 yang berarti variable kualitas komunikasi dan kualitas layanan informasi secara simultan dapat mempengaruhi kepuasan pengguna sebesar 91,0%, selebihnya dipengaruhi oleh factor lain. Nilai sumbangan efektif variable kualitas komunikasi sebesar 39% yang berarti kualitas komunikasi memberikan pengaruh terhadap kepuasan pengguna BPJS Kesehatan sebesar 39%. Sedangkan nilai SE variable kualitas layanan informasi sebesar 52% yang artinya kualitas layanan informasi memberikan pengaruh sebesar 52% terhadap kepuasan pengguna BPJS Kesehatan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Efek, kualitas komunikasi, kualitas layanan informasi, kepuasan pengguna, BPJS Kesehatan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dr. Iskandar Iskandar
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:06
Last Modified: 24 Nov 2022 02:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23529

Actions (login required)

View Item
View Item