REVITALISASI KAMPUNG PENGRAJIN TEMBIKAR BERKONSEP WISATA (KASUS DESA PA'BATANGAN KAB. TAKALAR) = REVITALIZATION OF A TOURISM CONCEPT OF POTTER WORKING VILLAGE (CASE OF PA'BATANGAN VILLAGE, TAKALAR DISTRICT)


Irwan, Lily Adrianti (2022) REVITALISASI KAMPUNG PENGRAJIN TEMBIKAR BERKONSEP WISATA (KASUS DESA PA'BATANGAN KAB. TAKALAR) = REVITALIZATION OF A TOURISM CONCEPT OF POTTER WORKING VILLAGE (CASE OF PA'BATANGAN VILLAGE, TAKALAR DISTRICT). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D51115512_skripsi_09-08-2022 cover1.png

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D51115512_skripsi_09-08-2022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D51115512_skripsi_09-08-2022 dp.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D51115512_skripsi_09-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 November 2024.

Download (15MB)

Abstract (Abstrak)

Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah dengan berbagai kerajinan tradisional yang khas. Selain beragam jenisnya, kerajinan tradisional ini juga tersebar di berbagai daerah Sulawesi Selatan sesuai dengan kondisi alam dan pengetahuan yang berkembang di masyarakat setempat. Di antara berbagai jenis kerajian tradisional yang ada, tembikar merupakan salah satu kerajinan yang tergolong sedikit penyebarannya terutama di daerah sul-sel. Untuk meningkatkan kembali minat masyarakat adalah dengan menjadikan perkampungan pengrajin tembikar di desa pa’batangan di sulsel ini menjadi kawasan wisata. Konsep wisata ditujukan untuk mengangkat kembali eksistensi kerajinan tembikar dengan lebih mengedepankan edukasi bagi wisatawan dan memperkenalkan produk serta bagaimana proses produksi tersebut dihasilkan. Wisata memiliki konsep berupa kegiatan wisata yang mana pengunjung tidak hanya membeli produk tembikar namun juga dapat berinteraksi dengan para pengrajin tembikar secara langsung dengan melihat proses produksi dan membuat tembikar. Oleh karena itu, diperlukan suatu perencanaan perancangan Revitalisasi Kampung Pengrajin Tembikar di Desa Pa’batangan, Kabupaten Takalar dengan berkonsep Wisata. Revitalisasi pada perkampungan pengrajin tembikar di desa pa’batangan ini dirasa sangat diperlukan untuk menghidupkan kembali eksistensi kawasan pengrajin tembikar di desa ini dan juga dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat melalui potensi kerajinan tembikar.

Kata kunci: Kerajinan Tradisional, Tembikar, Revitalisasi Kampung, Desa Pa’batangan, Kabupaten Takalar, Wisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Traditional Crafts, Pottery, Village Revitalization, Pa'batangan Village, Takalar District, Tourism.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Ilmu Arsitektur
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:47
Last Modified: 25 Nov 2022 01:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23512

Actions (login required)

View Item
View Item