Fasilitas Olahraga Air Indoor Dengan Penerapan Arsitektur Hijau di Tanjung Bunga = Indoor Aquatic Sports Facilities with Green Architecture Application in Tanjung Bunga


Mokhram, Mohammad Zul Khairan (2022) Fasilitas Olahraga Air Indoor Dengan Penerapan Arsitektur Hijau di Tanjung Bunga = Indoor Aquatic Sports Facilities with Green Architecture Application in Tanjung Bunga. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D51115029_skripsi_09-08-2022 cover1.png

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D51115029_skripsi_09-08-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D51115029_skripsi_09-08-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D51115029_skripsi_09-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 November 2024.

Download (21MB)

Abstract (Abstrak)

Potensi olahraga air di Indonesia sangat besar, tetapi perkembangannya saat ini masih kurang karena fasilitas sarana dan prasarana yang belum cukup memadai. Pengadaan fasilitas sarana dan prasana yang baik akan mendukung pelatihan dan pembinaan para atlet nasional, serta dapat dijadikan sebagai area rekreatif untuk masyarakat umum. Salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki potensi olahraga air tetapi belum memiliki fasilitas yang cukup terletak di Kota Makassar yang merupakan merupakan gerbang pintu masuk dan titik pusat perekonomian Indonesia bagian timur. Teknik penulisan data yang digunakan, yaitu analisis sintesa, dimana data-data yang didapatkan dari pengumpulan data yang terdiri dari, studi lapangan, studi pustaka, dan studi banding. Data-data tersebut kemudian digabungkan dan diolah menjadi sebuah konsep perencanaan dan perancangan fasilitas olahraga air indoor. Fasilitas olahraga air indoor adalah suatu wadah yang menampung kegiatan yang berhubungan dengan beberapa cabang olahraga air di ruang tertutup yang dilengkapi berbagai fasilitas penunjang yang semuanya saling melengkapi. Fasilitas ini akan berfungsi sebagai pusat tempat untuk meningkatkan minat dan bakat masyarakat sekitar, mengembangkan potensi para atlet secara maksimal, serta dapat menjadikan Kota Makassar sebagai tuan rumah dari ajang kompetensi nasional dan internasional di bidang olahraga khususnya olahraga air. Selain itu, fasilitas ini juga bisa menjadi area rekreatif bagi masyarakat sekitar. Fasilitas olahraga air ini akan memiliki beberapa unit fasilitas yang fungsinya saling terintetgrasi. Unit fasilitas yang dapat digunakan oleh ribuan orang membutuhkan penerapan arsitektur hijau pada bangunan yang akan dirancang. Penerapan konsep arsitektur hijau diharapkan mampu meminimalisir penggunaan energi serta ramah, baik terhadap pengguna bangunan maupun lingkungan sekitarnya. Hal ini berkaitan dengan lingkungan dan keadaan sekitar tapak yang akan dibangun khususnya didaerah Tanjung Bunga, Makassar.

Keywords : Olahraga Air, Kota Makassar, Fasilitas Olahraga Air Indoor, Arsitektur Hijau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Water Sports, Makassar City, Indoor Water Sports Facilities, Green Architecture.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Nov 2022 01:14
Last Modified: 25 Nov 2022 01:14
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23470

Actions (login required)

View Item
View Item