PUSAT KESENIAN DI MAKASSAR DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR = ART CENTER IN MAKASSAR WITH NEO VERNACULAR ARCHITECTURAL APPROACH


Dunggio, Tafrijiah Pratiwi (2022) PUSAT KESENIAN DI MAKASSAR DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR = ART CENTER IN MAKASSAR WITH NEO VERNACULAR ARCHITECTURAL APPROACH. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D51115006_skripsi_cover1.jpg

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D51115006_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D51115006_skripsi_dp.pdf

Download (35MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D51115006_skripsi_14-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 November 2024.

Download (39MB)

Abstract (Abstrak)

Kebudayaan adalah suatu pola hidup menyeluruh yang bersifat kompleks yang mengandung nilai pengetahuan, kesenian, kepercayaan moral, hukum dan adat istiadat. Seni adalah suatu keindahan yang diciptakan melalui sebuah karya yang merupakan bagian dari kehidupan manusia. Seni merupakan bagian yang tumbuh dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang sudah berkaitan erat. Perancangan dengan judul “Pusat Kesenian di Makassar dengan Pendekatan Arsitektur Neo Vernakular” memiliki rumusan masalah bagaimana merancang pusat kesenian yang sesuai dengan konsep Neo Vernakular dan bagaimana merancang pusat kesenian yang menyenangkan di Kota MakassarPembahasan pada acuan perancangan ini diolah dari berbagai data yang telah diperoleh sebelumnya. Dan kemudian digunakan dalam menarik kesimpulan dan diterapkan kedalam konsep perancangan.Berdasarkan tema yang diterapkan yaitu Neo Vernakular maka akan diterapkan pada beberapa unsur bangunan seperti pada tampilan luar bangunan dan ruang dalam bangunan menggunakan ornament khas Sulawesi Selatan. Bentuk bangunan diambil dari bentuk dasar rumah adat tradisional Bugis Makassar yang di mana bentuk denah persegi (sulapa eppa). Bangunan ini juga memadukan unsur kebudayaan setempat dan unsur modern yang mampu menampilkan tampilan yang baru dengan tidak meninggalkan unsur tradisional yang nantinya akan dapat mewadahi aktifitas masyarakat.Pusat Kesenian ini adalah untuk memberikan wadah bagi pertunjukan seni dan kebudayaan. Serta dapat menarik minat masyarakat khususnya generasi sekarang agar terpeliharanya kesenian di Sulawesi Selatan khususnya Makassar.

Keywords : Pusat Kesian, Neo Vernakular, Kebudayaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 24 Nov 2022 01:29
Last Modified: 24 Nov 2022 01:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23445

Actions (login required)

View Item
View Item