STUDI TAHANAN KAPAL PLANING HULL AKIBAT PENGARUH DEADRISE 10 DERAJAT DAN STEPPED U MENGGUNAKAN AUTODESK COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS = STUDY OF HULL PLANING SHIP RESISTANCE DUE TO THE INFLUENCE OF 10 DEGREE DEADRISE AND STEPPED U USING AUTODESK COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS


Febrianti, Selvy (2022) STUDI TAHANAN KAPAL PLANING HULL AKIBAT PENGARUH DEADRISE 10 DERAJAT DAN STEPPED U MENGGUNAKAN AUTODESK COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS = STUDY OF HULL PLANING SHIP RESISTANCE DUE TO THE INFLUENCE OF 10 DEGREE DEADRISE AND STEPPED U USING AUTODESK COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031171515_skripsi_27-09-2022 cover1.png

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031171515_skripsi_27-09-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031171515_skripsi_27-09-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031171515_skripsi_27-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 November 2024.

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Saat ini kapal mengalami berbagai perkembangan hingga menjadi transportasi berteknologi dan inovasi tinggi. Pesatnya perkembangan teknologi pada jenis kapal cepat mendorong lahirnya modifikasi desain lambung kapal menjadi strategi untuk mendapatkan performa kecepatan kapal setinggi mungkin dengan nilai hambatan sekecil mungkin. Desain lambung kapal dimodifikasi sedemikian rupa untuk mengurangi tahanan kapal dimana salah satu cara modifikasi desain lambung kapal ialah penambahan bentuk stepped hull dimana pada prinsipnya penambahan stepped ialah mengurangi luas permukaan bidang basah kapal karena timbulnya turbulensi dibawah badan kapal dan akan menambah daya tekan keatas kapal (lifting force). Desain bentuk stepped yang diteliti adalah bentuk stepped U. Jumlah dari stepped yang dimodelkan dikategorikan satu, dua dan tiga stepped. Ketiga variasi tersebut diberikan kondisi batasan (boundary layer) berupa trim kapal yang mengikuti kecepatan kapal yang didapatkan berdasarkan pengujian di towing tank. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode numerik dengan bantuan software Maxurf Modeller dan Rhinoceros 6 untuk pemodelan serta Autodesk CFD (Computational Fluid Dynamic) untuk melakukan proses analisis nilai tahanan kapal. Dengan didapatkannya hasil tahanan kapal dengan bantuan Autodesk CFD maka hasil dengan variasi satu stepped, dua stepped, dan tiga stepped di komparasikan dengan hasil model tanpa stepped dimana tahanan terbaik adalah model 3 stepped U yang dapat mereduksi tahanan kapal paling besar yaitu sebesar 95,802% dibanding variasi jumlah stepped lainnya pada froud number yang sama.

Kata Kunci: Semi Planing Hull, Stepped, Trim Kapal, Tahanan Kapal, Metode Numerik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Semi Planing Hull, Stepped, Trim Kapal, Tahanan Kapal, Metode Numerik
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Nov 2022 06:32
Last Modified: 16 Nov 2022 06:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23304

Actions (login required)

View Item
View Item