Nurhidayat, Muh (2022) Analisis Kinerja Pelayanan Kapal Di Pelabuhan Parepare = Analysis of Ship Service Performance at the Port of Parepare. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D031171503_skripsi_27-09-2022 cover1.png
Download (114kB) | Preview
D031171503_skripsi_27-09-2022 1-2.pdf
Download (782kB)
D031171503_skripsi_27-09-2022 dp.pdf
Download (1MB)
D031171503_skripsi_27-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 November 2024.
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Muhammad Nurhidayat.2022. “Analisis Kinerja Pelayanan Kapal di Pelabuhan Parepare”. dibawah bimbingan Dr. Andi Sitti Chaerunnisa M, ST., MT. dan Wihdat Djafar ST., MT., MLogSupChMgmt
Pelabuhan merupakan tempat dimana dilaksanakan berbagai macam pelayanan jasa guna melancarkan seluruh kegiatan transportasi laut. Pelabuhan Parepare dengan 3 dermaga yaitu, dermaga nusantara, dermaga cappa ujung dan dermaga pertamina adalah Pelabuhan yang menunjang dan memperlancar kegiatan arus lalu lintas transportasi angkutan laut serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Parepare. Kinerja operasional pelabuhan menggambarkan tingkat pelayanan yang meliputi pelayanan pemanduan kapal (pandu, tunda, labuh, kepil, tambat) dan pelayanan barang (jasa dermaga dan penumpukan). PT Pelindo IV Cabang Parepare adalah salah satu perusahaan penyedia jasa kepelabuhanan dimana melayani jasa pelayanan pemanduan kapal. Ketepatan waktu untuk saat kapal melakukan permohonan pemanduan hingga kapal bertambat di dermaga merupakan penilaian kinerja pelayanan pemanduan kapal, karena mempengaruhi waktu tunggu dan waktu pelayanan pemanduan (approach time). Penelitian ini mengukur kinerja pelayanan pemanduan kapal pada PT. Pelindo IV Cabang Parepare. Hasil Analisa kinerja pelayanan pemanduan kapal pada PT. Pelindo IV (Persero) Cabang Parepare berdasarkan standar yang telah ditetapkan dalam surat Keputusan Dirjen Perhubungan Laut No.UM.002/38/18/DJM.11. dinilai indikator yang diuji, pada kapal jenis General Cargo memiliki nilai rata-ratanya 1.99 dimana masih memenuhi standar dari Approach Time yaitu 2 jam. Namun sayangnya, pada kapal jenis penumpang dan kapal curah cair melebihi dari standar yang ditetapkan sehingga dinyatakan kurang baik. Serta diagram cause and effect untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan pemanduan di Pelabuhan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pelayanan pemanduan di Pelabuhan Parepare adalah sumber manusia yang kurang, kondisi fender yang kurang baik dan tidak adanya kapal kepil untuk mempercepat penambatan, kondisi cuaca yang buruk dan terjadinya kerusakan pada salah satu mesin dari motor pandu.
Keywords : Kinerja pelayanan pemanduan,approach time, cause and effect
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Scout service performance, approach time, cause and effect |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 16 Nov 2022 06:33 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 06:33 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23296 |