ANALISIS KINERJA JARINGAN LOGISTIK MARITIM KOMODITAS JAGUNG PROVINSI SULAWESI SELATAN = PERFORMANCE ANALYSIS OF MARITIME LOGISTICS NETWORK CORN COMMODITY PROVINCE OF SOUTH SULAWESI


Akbar. N, Muhammad Reza (2022) ANALISIS KINERJA JARINGAN LOGISTIK MARITIM KOMODITAS JAGUNG PROVINSI SULAWESI SELATAN = PERFORMANCE ANALYSIS OF MARITIME LOGISTICS NETWORK CORN COMMODITY PROVINCE OF SOUTH SULAWESI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D031171016_skripsi_cover1.jpg

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D031171016_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D031171016_skripsi_dp.pdf

Download (733kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D031171016_skripsi_19-04-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 November 2024.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Provinsi Sulawesi Selatan merupakan daerah penghasil jagung terbesar di Indonesia Timur dan menjadi salah satu penyuplai jagung. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pola distribusi dan kinerja jaringan logistik komoditas jagung Provinsi Sulawesi Selatan. Data analisis menggunakan metode Importance Performance Analysis, yaitu metode yang digunakan untuk memperoleh tingkat kesesuaian antara kinerja layanan dengan harapan responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses distribusi komoditas jagung Provinsi Sulawesi Selatan dimulai dari gudang, transportasi darat, pelabuhan asal, angkutan laut dan pelabuhan tujuan. Total jagung yang didistribusikan antarprovinsi pada Tahun 2021 yang melalui Terminal Petikemas Makassar berjumlah 28.051 ton dan yang melalui Makassar New Port berjumlah 19.885 ton. Daerah distribusi tersebut yaitu Jakarta, Semarang, Surabaya, Belawan, Ambon, Kendari, Jayapura, Bitung, Timika, Tual, Biak, Manokwari, Sorong, Merauke, Ternate, Nabire, Pontianak, Samarinda, Balikpapan, Banjarmasin, Kupang, dan Sampit. Berdasarkan hasil survei dan analisis menggunakan metode Importance Performance Analysis kinerja logistik maritim untuk penanganan komoditas jagung dapat dilihat pada tingkat kesesuaian tingkat persepsi dan tingkat ekspektasi indikator dimensi kinerja distributor, freight forwarder dan perusahaan pelayaran. Penilaian dilakukan berdasarkan 6 indikator yang dikeluarkan oleh LPI yaitu On Time Performance, Lead Time, Keamanan, Tingkat Kerusakan, Tracking and Tracing, dan Biaya Logistik. Setelah dilakukan penilaian keseluruhan indikator, hasilnya di jabarkan dan dibagi pada empat bagian pada diagram kartesius. Berdasarkan diagram kartesius, pada distributor terdapat 3 atribut pelayanan yang dianggap penting oleh pengguna, freight forwarder terdapat 17 atribut pelayanan yang dianggap penting oleh pengguna, dan Perusahaan Pelayaran terdapat 6 atribut pelayanan yang dianggap penting oleh pengguna.

Keywords : Logistik Maritim, Kinerja Logistik, Komoditas Jagung, Pola Distribusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Maritime Logistics, Logistics Performance, Corn Commodity, Distribution Pattern
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:17
Last Modified: 16 Nov 2022 02:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23268

Actions (login required)

View Item
View Item