Investigasi Gerak Slamming Pada Haluan Kapal Menggunakan ANSYS = Investigation of Slamming Motions on Ship Bow by Using ANSYS


Mubarak. S, Muh. Miftach Agsa (2022) Investigasi Gerak Slamming Pada Haluan Kapal Menggunakan ANSYS = Investigation of Slamming Motions on Ship Bow by Using ANSYS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D31116012_skripsi_10-05-2022 cover1.png

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D31116012_skripsi_10-05-2022 1-2.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D31116012_skripsi_10-05-2022 dp.pdf

Download (754kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D31116012_skripsi_10-05-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 November 2024.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Pada kondisi aktual, kapal berlayar di gelombang dan mengalami slamming. Slamming adalah peristiwa yang terjadi akibat gerakan vertikal kapal dan dalam kondisi gerakan yang ekstrim dapat menyebabkan haluan kapal keluar dari permukaan air dan kembali jatuh ke permukaan air. Kerusakan yang sering terjadi akibat slamming adalah terjadinya patahan pada struktur kapal. Maka perlu dikaji lebih lanjut untuk mengukur besarnya water impact pada saat kapal mengalami slamming, serta menentukan distribusi tekanan pada bagian haluan kapal. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa simulasi dengan menggunakan software ANSYS. Dalam penelitian ini, haluan kapal disumulasikan sesuai kondsi aktual dengan memperhatikan massa jenis material kapal dan air, poisson ratio, modulus young material yang digunakan guna mendapatkan hasil yang diinginkan. Sehingga hasil yang didapatkan yakni pada kemiringan 0° nilai tekanan yang diperoleh sebesar 9.472E+03 kN/m² dan internal strain sebesar 8.560E+01, pada kemiringan 5° nilai tekanan yang diperoleh sebesar 1.208E+04 kN/m² dan internal strain sebesar 1.252E+02, pada kemiringan 10° nilai tekanan yang diperoleh sebesar 1.688E+04 kN/m² dan internal strain sebesar 1.754E+02, sedangkan pada kemiringan 15° nilai tekanan yang diperoleh sebesar 2.286E+04 kN/m² dan internal strain sebesar 2.580E+02. Untuk selanjutnya pada kasus yang sama sebaiknya tekanan pada buritan kapal akibat bottom slamming juga dihitung.

Keywords : Slamming, Tekanan, Internal Strain, ANSYS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Slamming, Pressure, Internal Strain, ANSYS
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Perkapalan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Nov 2022 07:57
Last Modified: 15 Nov 2022 07:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23260

Actions (login required)

View Item
View Item