Analisis Kualitas Produk Sabun Cair Yess Ekonomis Menggunakan Metode Six Sigma dan Poka-yoke (Studi Kasus Pada PT. Multiklin Nusantara Makassar) = Product Quality Analysis of Yess Ekonomis Liquid Soap Using Six Sigma and Poka-yoke Methods (Case Study at PT. Multiklin Nusantara Makassar)


Sari, Haninda Nurulita (2022) Analisis Kualitas Produk Sabun Cair Yess Ekonomis Menggunakan Metode Six Sigma dan Poka-yoke (Studi Kasus Pada PT. Multiklin Nusantara Makassar) = Product Quality Analysis of Yess Ekonomis Liquid Soap Using Six Sigma and Poka-yoke Methods (Case Study at PT. Multiklin Nusantara Makassar). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D22116307_skripsi cover1.png

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D22116307_skripsi 1-2.pdf

Download (567kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D22116307_skripsi dp.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D22116307_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 November 2024.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

PT. Multiklin Nusantara Makassar merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang produk sanitasi atau bahan pembersih. Dalam setiap proses produksi tidak dapat dipungkiri terjadinya kegagalan berupa kerusakan atau cacat pada hasil produksi. Hal ini dapat merugikan perusahaan karena produk gagal dipasarkan tepat waktu dan perlu mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan rework. Di PT. Multiklin Nusantara, produk sabun cuci piring Yess Ekonomis kemasan pouch merupakan produk dengan jumlah yang paling banyak mengalami kerusakan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis-jenis cacat pada hasil produksi sabun Yess Ekonomis kemasan pouch, menghitung nilai sigma dari proses produksi tersebut, menganalisis jenis-jenis cacat yang terdapat pada produk dan penyebab potensialnya serta memberikan usulan perbaikan kualitas yang tepat untuk meminimasi tingkat kecacatan. Berdasarkan diagram pareto, cacat yang menjadi prioritas perbaikan yaitu pouch tidak tersegel dengan baik (77,4%). Berdasarkan perhitungan kapabilitas proses, rata-rata tingkat sigma produksi sabun Yess Ekonomis kemasan pouch pada PT. Multi Klin Nusantara (MKN) Makassar berada di level sigma 4,77 dengan kemungkinan cacat yaitu 550 pieces per satu juta produksi (DPMO). Dari analisis menggunakan bantuan tools fishbone diagram dapat ditemukan faktor yang mempengaruhi terjadinya cacat pouch tidak tersegel dengan baik berasal dari faktor manusia, mesin, dan metode. Untuk meminimasi tingkat kecacatan, maka direkomendasikan usulan perbaikan dari faktor penyebab tersebut dengan menggunakan metode Poka-yoke yang dibagi menjadi tiga kategori (Shutdown Poka-yoke, Control Poka-yoke, dan Warning Poka-yoke).

Keywords : Pengendalian Kualitas, Sabun Cair, pouch, Six Sigma, Poka-yoke

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Quality Control, liquid soap, pouch, Six Sigma, Poka-yoke
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:10
Last Modified: 15 Nov 2022 03:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23207

Actions (login required)

View Item
View Item