PENGGUNAAN MODEL REGRESI ZERO-INFLATED GENERALIZED POISSON (ZIGP) PADA DATA PENDERITA PENYAKIT DEMAM BERDARAH DI RUMAH SAKIT WAHIDIN SUDIROHUSODO


ADLAIDA, FIRMINA (2011) PENGGUNAAN MODEL REGRESI ZERO-INFLATED GENERALIZED POISSON (ZIGP) PADA DATA PENDERITA PENYAKIT DEMAM BERDARAH DI RUMAH SAKIT WAHIDIN SUDIROHUSODO. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
FIRMINA ADLAIDA.pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Regresi Zero-lnflaled Generalized Poisson adalah analisis yang digunakan uniuk mengkaji hubungan variabel respon dan variabel bebas dimana pada variabel respon terdapat banyak nilai nol yang menyebabkan terjadi overdispersi pada data. Metode yang digunakan untuk mengestimasi model regresi Zero-lnflaled Generalized Poisson adalah metode maximum likelihood. Pada penelitian ini, analisis regresi Zero-lnflaled Generalized Poisson digunakan untuk mencari hubungan antara status pasien keluar dari rumah sakit dalam keadaan belum sembuh atau pulang paksa dengan variabel lama rawat, jenis kelamin dan umur penderita penyakit Demam Berdarah di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien dengan jenis kelamin dan lama rawat yang sama, dengan umur berbeda I tahun maka kecenderungan untuk keluar dari rumah sakit dalam keadaan belum sembuh atau pulang paksa dari RS. Wahidin Sudirohusodo adalah 1,16, sedangkan untuk pasien dengan jenis kelamin yang berbeda dengan umur dan lama rawat yang sama memiliki peluang yang sama untuk keluar dari rumah sakit dalam keadaan belum sembuh atau pulang paksa, sedangkan pasien dengan umur dan jenis kelamin yang sama, dengan lama rawat berbeda 1 hari maka kecenderungan keluar dari rumah sakit dalam keadaan belum sembuh atau pulang paksa adalah 0,95. Jika dibandingkan dengan model Zero- lnflaled Poisson dengan data yang sama disimpulkan bahwa model regresi Zero- lnflaled Generalized Poisson lebih baik dari model Regresi Zero-lnflaled Poisson.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions (Program Studi): Fakultas Matematika dan Ilmu Peng. Alam > Matematika
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 15 Nov 2022 02:17
Last Modified: 15 Nov 2022 02:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23091

Actions (login required)

View Item
View Item