Pengaruh Penambahan Fin Dan Blowing Terhadap Hambatan Aerodinamika Pada Model Kendaraan = Effects of the additions of fin and blowing on aerodynamic drags of vehicle model


Amin, Syamsu Rijal S. (2022) Pengaruh Penambahan Fin Dan Blowing Terhadap Hambatan Aerodinamika Pada Model Kendaraan = Effects of the additions of fin and blowing on aerodynamic drags of vehicle model. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D21115034_skripsi_15-08-2022 cover1.png

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D21115034_skripsi_15-08-2022 1-2.pdf

Download (950kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D21115034_skripsi_15-08-2022 dp.pdf

Download (517kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D21115034_skripsi_15-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 November 2024.

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Syamsu Rijal S.Amin, Pengaruh penambahan fin dan blowing terhadap hambatan aerodinamika pada model kendaraan (dibimbing oleh Dr. Rustan Tarakka, S.T., M.T., dan Dr. Eng. Jalaluddin, S.T., M.T.).
Penelitian berlokasi di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin tepatnya di laboratorium mekanika fluida departemen Teknik Mesin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kontrol pasif berupa fin dan kontrol aktif berupa blowing terhadap karakteristik aliran, distribusi tekanan dan hambatan aerodinamika pada model kendaraan. Objek penelitian ini adalah Ahmed body yang telah dimodifikasi arah aliran serta kemiringan geometri muka 25°. Penelitian dilakukan dengan dua pendekatan yaitu pendekataan komputasi memanfaatkan program Computational Fluid Dynamics (CFD) dan pendekatan eksperimental dengan menggunakan Subsonic wind Tunnel yang tersedia di laboratorium mekanika fluida departemen Teknik Mesin. Untuk pendekatan komputasi diperoleh data berupa karakteristik aliran, koefisien tekanan (CP), dan koefisien drag (CD). Namun pada pendekatan eksperimental hanya difokuskan untuk memvalidasi koefisien drag memanfaatkan perangkat load cell. Terdapat tiga jenis fin yang digunakan dan tiga variasi kecepatan blowing yaitu 0.5 m/s, 1.0 m/s, dan 1.5 m/s. Untuk kontrol aktif berupa blowing menggunakan perangkat blower. Kecepatan upstream yang dialirkan masing-masing 11.1 m/s, 13.9 m/s, 16.7 m/s, 19.4 m/s, 22.2 m/s. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penambahan kontrol pasif berupa fin dan kontrol aktif berupa blowing dapat menunda separasi aliran dan memperkecil olakan pada bagian belakang model uji. Nilai koefisien tekanan minimum mampu ditingkatkan dan mengurangi nilai koefisien drag dengan reduksi tertinggi sebesar 16.194% untuk pendekatan komputasi dan 17.319% untuk pendekatan eksperimental.

Kata kunci : fin, blowing, hambatan aerodinamika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: fin, blowing, aerodynamic drag
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Nov 2022 02:13
Last Modified: 15 Nov 2022 02:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/23087

Actions (login required)

View Item
View Item