Azhim, Muflih Abdul (2021) ANALISIS KARAKTERISTIK PENGENDARA SEPEDA DI CENTER POINT OF INDONESIA MAKASSAR = ANALYSIS OF CHARACTERISTICS OF BICYCLE RIDERS AT THE CENTER POINT OF INDONESIA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D11116537_skripsi_27-09-2022 cover1.png
Download (59kB) | Preview
D11116537_skripsi_27-09-2022 1-2.pdf
Download (1MB)
D11116537_skripsi_27-09-2022 dp.pdf
Download (4kB)
D11116537_skripsi_27-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 November 2024.
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Sepeda adalah alat transportasi tidak bermotor yang dilengkapi dengan sepasang pedal sebagai alat penggerak roda yang digerakkan secara mandiri oleh pengendara. Aktivitas pengendara sepeda merupakan bagian yang terintegrasi dengan aktivitas pengguna jalan lainnya. Penelitian ini dilaksanakan di Center Point of Indonesia Makassar yang nantinya disingkat dengan CPI. CPI adalah kawasan yang direncanakan akan terdapat berbagai macam fasilitas; mulai dari pusat bisnis, wisata, pendidikan, hingga pemukiman. Objek bangunan di kawasan tersebut sudah terencana dalam masterplan Kota Makassar dan akan mewakili Kota Makassar secara nasional maupun internasional. Adapun titik lokasi penelitian yaitu jembatan CPI dan kawasan lego-lego. Pengendara sepeda banyak memilih CPI sebagai tempat untuk melakukan kegiatan bersepeda karena dianggap memenuhi ekspektasi pengendara.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan data kondisi eksisting CPI, data karakteristik pengendara sepeda, dan data hasil persepsi pengendara sepeda terhadap kondisi CPI. Data kondisi eksisting CPI berupa; kondisi eksisting CPI secara umum, kondisi eksisting jembatan CPI, dan kondisi eksiting kawasan lego-lego. Data karakteristik pengendara sepeda berupa; volume, kecepatan, jenis kelamin, kelompok usia, jenis pekerjaan, jumlah teman perjalanan, dan penyebab perjalanan. Data hasil persepsi pengendara sepeda berupa; faktor keamanan, faktor kenyamanan, dan fasilitas yang dibutuhkan pengendara sepeda.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, pengumpulan data secara primer dan sekunder. Data primer didapatkan melalui metode observasi dan survei secara langsung kepada pengendara sepeda sedangkan data sekunder didapatkan melalui google earth berupa peta lokasi penelitian di CPI. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah pengendara sepeda yang melintas di jembatan CPI dan kawasan Lego-lego.
Hasil dari penelitian ini mendapatkan volume maksimum pengendara sepeda yaitu 339 orang/jam. Oleh karena itu, keamanan dan kenyamanan harus ditingkatkan. Adapun fasilitas tambahan yang paling banyak dibutuhkan yaitu jalur khusus dan lahan parkir khusus pengendara sepeda
Keywords : Pengendara sepeda, CPI, eksisting, karakteristik, pelayanan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cyclists, CPI, existing, characteristics, service |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions (Program Studi): | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 07:26 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 07:26 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22986 |