GAMBARAN TINGKAT STRES, KECEMASAN, DEPRESI DAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA MAKASSAR = OVERVIEW OF STRESS, ANXIETY, DEPRESSION AND LEVEL INTEREST IN HIGH SCHOOL STUDENTS IN ONLINE LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC IN MAKASSAR CITY


Hasdin, Elvira (2022) GAMBARAN TINGKAT STRES, KECEMASAN, DEPRESI DAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA MAKASSAR = OVERVIEW OF STRESS, ANXIETY, DEPRESSION AND LEVEL INTEREST IN HIGH SCHOOL STUDENTS IN ONLINE LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC IN MAKASSAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C051171033_skripsi_18-07-2022 cover1.png

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C051171033_skripsi_18-07-2022 1-2.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C051171033_skripsi_18-07-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C051171033_skripsi_18-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 October 2024.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Elvira Hasdin. C051171033. GAMBARAN TINGKAT STRES, KECEMASAN, DEPRESI DAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA MAKASSAR, dibimbing oleh Ariyanti Saleh dan Nurhaya Nurdin.

Latar Belakang: Stres, kecemasan, depresi dan kurangnya minat belajar cukup tinggi terjadi dikalangan remaja yang dapat berdampak negatif siswa. Kondisi psikologis siswa remaja selama melaksanakan pembelajaran daring patut menjadi perhatian pasalnya masa remaja dianggap sebagai tahap kehidupan ketika individu rentan terhadap percepatan perkembangan perubahan mental yang mempengaruhi baik psikologis maupun kesehatan sosial. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui gambaran tingkat stres, kecemasan, depresi dan minat belajar siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 di Kota Makassar. Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk adalah kuesioner karakteristik responden, kuesioner Depression Anxiety Stress Scale-42 (DASS-42) dan kuesioner minat belajar yang dibagikan secara daring dalam bentuk google form. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 361 siswa. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selama pembelajaran daring di masa pandemi covid-19, siswa di Kota Makassar mengalami stres kategori sedang, kecemasan kategori sangat berat, depresi kategori sedang, dan minat belajar kategori cukup. Berdasarkan karakteristik, siswa dengan tingkat stres sedang, kecemasan sangat berat, depresi sedang dan minat belajar cukup didominasi oleh kelompok usia rentang 14-16, jenis kelamin perempuan, siswa sekolah negeri, dan peminatan IPA. Kesimpulan: Secara umum siswa mengalami tingkat stres kategori sedang, kecemasan kategori sangat berat, depresi kategori sedang dan minat belajar kategori cukup dalam menjalani pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Berdasarkan karakteristik, siswa dengan tingkat stres sedang, kecemasan sangat berat, depresi sedang dan minat belajar cukup didominasi oleh kelompok usia rentang 14-16, jenis kelamin perempuan, siswa SMA negeri, dan peminatan IPA. Dengan adanya penelitian ini, pihak institusi pendidikan terkhusus para tenaga pendidik agar lebih memperhatikan stres, kecemasan, depresi dan minat belajar siswa yang dialami siswa.

Keywords : Tingkat stres, tingkat kecemasan, tingkat depresi, minat belajar, pembelajaran daring, siswa sekolah menegah atas, pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stress level, anxiety level, depression level, interest in learning, online learning, high school students, Covid-19 pandemic
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 Oct 2022 05:30
Last Modified: 31 Oct 2022 05:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22456

Actions (login required)

View Item
View Item