Pengaruh Pemberian Pakan Sinbiotik dan Ekstrak Rumput Laut Sargassum (Sargassum sp.) Terhadap Performa Pertumbuhan dan Survival Rate Ikan Rainbow Celebes (Marosatherina ladigesi) = Effect of Feeding Synbiotic and Sargassum Seaweed Extract (Sargassum sp.) on Growth Performance and Survival Rate of Rainbow Celebes (Marosatherina ladigesi) Fish


Putri, Fadhilah Hadi (2022) Pengaruh Pemberian Pakan Sinbiotik dan Ekstrak Rumput Laut Sargassum (Sargassum sp.) Terhadap Performa Pertumbuhan dan Survival Rate Ikan Rainbow Celebes (Marosatherina ladigesi) = Effect of Feeding Synbiotic and Sargassum Seaweed Extract (Sargassum sp.) on Growth Performance and Survival Rate of Rainbow Celebes (Marosatherina ladigesi) Fish. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C031181509_skripsi_10-08-2022 cover1.png

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C031181509_skripsi_10-08-2022 1-2.pdf

Download (713kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C031181509_skripsi_10-08-2022 dp.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C031181509_skripsi_10-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2024.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Ikan rainbow Sulawesi (Marosatherina ladigesi) merupakan komoditas ekspor ikan hias. Ikan ini merupakan ikan asli yang berasal dari Indonesia yang bersifat endemik di daerah Maros, Sulawesi Selatan. Ikan rainbow celebes tergolong dalam ordo Atheriniformes, family Telmatherinidae. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat performa pertumbuhan dan survival rate dari ikan rainbow celebes (Marosatherina ladigesi) dengan pemberian pakan sinbiotik dan ekstrak rumput laut sargassum (Sargassum sp.). Sampel pada penelitian ini terbagi menjadi tiga perlakuan dan tiga ulangan dengan tiap kelompok perlakuan terdiri dari 10 ekor ikan. Kelompok perlakuan pertama diberikan pakan komersil, kelompok perlakuan kedua diberikan pakan alami (Daphnia sp.) dan kelompok perlakuan ketiga diberikan pakan sinbiotik dan ekstrak rumput laut sargassum (Sargassum sp.). Pemberian pakan dilakukan selama 30 hari dengan pemberian pakan sebanyak 3 kali sehari dengan takaran pakan (A) sebanyak 0,343 gram perhari, (B) 0,360 gram perhari dan (C) 0,395 gram perhari. Parameter yang diamati adalah morfometri, laju pertumbuhan spesifik, survival rate, dan kualitas air. Analisis data menggunakan OneWay-ANOVA melalui program SPSS, apabila ada perbedaan yang nyata antara perlakuan yang diuji akan dilanjutkan dengan uji duncan. Hasil yang diperoleh dari morfometri yaitu pada kelompok perlakuan (C) dengan panjang dan lebar 6,6 ± 0,15 mm dan 3,6 ± 0,12 mm, sedangkan yang terendah adalah pada perlakuan (A) dengan panjang dan lebar yang diperoleh adalah 2,3 ± 0,43 mm dan 1,4 ± 0,1 mm. Pertumbuhan spesifik ikan rainbow celebes (Marosatherina ladigesi) baik pada perlakuan (B) mencapai 1,8% perhari, akan tetapi pada perlakuan (C) terlihat jauh lebih baik untuk laju pertumbuhannya karena selisih dari berat awal hingga akhir dapat mencapai 2,05% perhari. Survival rate ikan rainbow celebes (Marosatherina ladigesi) yang telah diberikan perlakuan, memperlihatkan bahwa perlakuan (B), dan perlakuan (C) diperoleh tingkat survival rate sebesar 100%, sedangkan pakan komersil memiliki persentase terendah sebesar 83%. Adapun untuk kualitas air pemeliharaan, masih dalam batas normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata terhadap perlakuan yang diuji. Berdasarkan pengujian lanjutan dengan metode duncan disimpulkan bahwa pakan yang paling mempengaruhi performa pertumbuhan dan survival rate ikan rainbow celebes (Marosatherina ladigesi) adalah pakan sinbiotik dan ekstrak rumput laut sargassum (Sargassum sp.).

Keywords : Ikan rainbow celebes, Marosatherina ladigesi, Rumput laut, Sargassum sp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rainbow celebes fish, Marosatherina ladigesi, Seaweed, Sargassum sp.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter Hewan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 26 Oct 2022 04:41
Last Modified: 26 Oct 2022 04:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/22378

Actions (login required)

View Item
View Item