DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH (ONLINE) SETELAH SATU TAHUN PADA KONDISI PSIKOLOGIS MAHASISWA S1 KEDOKTERAN FKUH ANGKATAN 2019 = THE IMPACT OF DISTANCE LEARNING (ONLINE) AFTER ONE YEAR ON THE PSYCHOLOGICAL CONDITIONS OF S1 MEDICINE STUDENTS OF FKUH CLASS 2019


Nurham, Afra Maghfira (2021) DAMPAK PEMBELAJARAN JARAK JAUH (ONLINE) SETELAH SATU TAHUN PADA KONDISI PSIKOLOGIS MAHASISWA S1 KEDOKTERAN FKUH ANGKATAN 2019 = THE IMPACT OF DISTANCE LEARNING (ONLINE) AFTER ONE YEAR ON THE PSYCHOLOGICAL CONDITIONS OF S1 MEDICINE STUDENTS OF FKUH CLASS 2019. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C011181047_skripsi_26-08-2022 cover1.png

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C011181047_skripsi_26-08-2022 1-2.pdf

Download (869kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C011181047_skripsi_26-08-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C011181047_skripsi_26-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 October 2024.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Latar Belakang: Pandemi COVID-19 saat ini yang sedang mengguncang dunia menimbulkan kecemasan dari semua masyarakat termasuk mahasiswa. Sarana pendidikan ditutup sementara sehingga metode pembelajaran pun menggunakan sistem online. Kecemasan ini merupakan tekanan yang terjadi pada diri mahasiswa yang disebabkan oleh adanya persaingan ataupun tuntutan akademik yang bermula dari proses pembelajaran.
Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik deskriptif dengan desain cross sectional yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2020 di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 203 orang.
Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat depresi terbanyak sebanyak 117 (57,6%), dan tingkat depresi sedang sebanyak 33 (16,3%). Tingkat kecemasan terbanyak pada tingkat normal 56 (27,6%), dan tingkat kecemasan sangat parah dan sedang sebanyak 43 (21,2%) dan 41 (20,2%). Tingkat stress terbanyak pada tingkat yang normal sejumlah 101 (49,8%), tingkat parah sebanyak 36 (17,7%).
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa pembelajaran jarak jauh sangat berdampak dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kondisi Psikologis pada mahasiswa S1 Kedokteran FKUH angkatan 2019.

Keywords : Depresi, Cemas, Stres

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Depression, Worried, Stress
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 Oct 2022 01:00
Last Modified: 17 Oct 2022 01:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21697

Actions (login required)

View Item
View Item