HERIANTO N, HERIANTO N (2020) ANALISIS PENGURANGAN HAMBATAN AERODINAMIKA PADA MODEL KENDARAAN DENGAN MENGGUNAKAN DIMPLE KONFIGURASI ZIG-ZAG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
D21114028_skripsi_16-09-2020 cover.jpg
Download (276kB) | Preview
D21114028_skripsi_16-09-2020 daftar pustaka dan Lampiran.pdf
Download (889kB)
D21114028_skripsi_16-09-2020 1-2.pdf
Download (1MB)
D21114028_skripsi_16-09-2020.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract (Abstrak)
HERIANTO N, analisa pengurangan hambatan aerodinamika pada model kendaraan dengan menggunakan dimple konfigurasi zig-zag (dibimbing oleh Dr. Rustan Tarakka, ST., MT dan Dr. Eng. Jalaluddin, ST., MT) Penelitian ini dilakukan di laboratorium mekanika fluida fakultas teknik Universitas Hasanuddin. Tujuan penelitian ini membahas tentang pengaruh dimple dengan konfigurasi zig-zag terhadap pengurangan hambatan aerodinamika pada model kendaraan. Yang menjadi objek penelitian adalah modifikasi Ahmed body dengan skala 1:6. Modifikasi yang dimaksud berupa perubahan arah aliran serta memiliki kemiringan bodi depan 25°. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan komputasi dengan memanfaatkan fasilitas program Computational Fluid Dynamics (CFD) dan divalidasi melalui pengujian eksperimental dengan menggunakan fasilitas laboratorium mekanika fluida yaitu Sub-sonic wind tunnel. Untuk metode komputasi data yang diperoleh berupa karakteristik aliran koefisien drag dan koefisien tekanan. Sedangkan untuk pengujian eksperimental hanya fokus pada upaya untuk memvalidasi koefisien drag memanfaatkan perangkat load cell. Kecepatan upstream yang digunakan masing-masing 11.1 m/s, 13.9 m/s, 16.7 m/s dan 22.2 m/s menggunakan kontrol pasif dengan dimple konfigurasi 2 baris zig-zag dengan rasio masing-masing 0.20, 0.25, dan 0.50. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan kontrol pasif berupa dimple mampu mengurangi pembentukan wake. Meningkatkan distribusi tekanan pada dinding bagian belakang model kendaraan dan mampu mereduksi hambatan aerodinamika tertinggi sebesar 12.08024% untuk pendekatan komputasi dan 8.82967% untuk pendekatan eksperimen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Depositing User: | - Andi Anna |
Date Deposited: | 08 Feb 2021 14:07 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 04:50 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2163 |