ANALISIS PENGURANGAN HAMBATAN AERODINAMIKA PADA MODEL KENDARAAN DENGAN MENGGUNAKAN DIMPLE KONFIGURASI ZIG-ZAG


HERIANTO N, HERIANTO N (2020) ANALISIS PENGURANGAN HAMBATAN AERODINAMIKA PADA MODEL KENDARAAN DENGAN MENGGUNAKAN DIMPLE KONFIGURASI ZIG-ZAG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Sampul]
Preview
Image (Sampul)
D21114028_skripsi_16-09-2020 cover.jpg

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
D21114028_skripsi_16-09-2020 daftar pustaka dan Lampiran.pdf

Download (889kB)
[thumbnail of Bab 1 - 2] Text (Bab 1 - 2)
D21114028_skripsi_16-09-2020 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
D21114028_skripsi_16-09-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

HERIANTO N, analisa pengurangan hambatan aerodinamika pada model kendaraan dengan menggunakan dimple konfigurasi zig-zag (dibimbing oleh Dr. Rustan Tarakka, ST., MT dan Dr. Eng. Jalaluddin, ST., MT) Penelitian ini dilakukan di laboratorium mekanika fluida fakultas teknik Universitas Hasanuddin. Tujuan penelitian ini membahas tentang pengaruh dimple dengan konfigurasi zig-zag terhadap pengurangan hambatan aerodinamika pada model kendaraan. Yang menjadi objek penelitian adalah modifikasi Ahmed body dengan skala 1:6. Modifikasi yang dimaksud berupa perubahan arah aliran serta memiliki kemiringan bodi depan 25°. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan komputasi dengan memanfaatkan fasilitas program Computational Fluid Dynamics (CFD) dan divalidasi melalui pengujian eksperimental dengan menggunakan fasilitas laboratorium mekanika fluida yaitu Sub-sonic wind tunnel. Untuk metode komputasi data yang diperoleh berupa karakteristik aliran koefisien drag dan koefisien tekanan. Sedangkan untuk pengujian eksperimental hanya fokus pada upaya untuk memvalidasi koefisien drag memanfaatkan perangkat load cell. Kecepatan upstream yang digunakan masing-masing 11.1 m/s, 13.9 m/s, 16.7 m/s dan 22.2 m/s menggunakan kontrol pasif dengan dimple konfigurasi 2 baris zig-zag dengan rasio masing-masing 0.20, 0.25, dan 0.50. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan kontrol pasif berupa dimple mampu mengurangi pembentukan wake. Meningkatkan distribusi tekanan pada dinding bagian belakang model kendaraan dan mampu mereduksi hambatan aerodinamika tertinggi sebesar 12.08024% untuk pendekatan komputasi dan 8.82967% untuk pendekatan eksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: - Andi Anna
Date Deposited: 08 Feb 2021 14:07
Last Modified: 08 Feb 2021 14:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/2163

Actions (login required)

View Item
View Item