Desain dan Uji Sistem Drainase Bawah Permukaan untuk Tanaman Hortikultura pada Tanah Lempung (Kasus di Desa Majannang) = Design and Test Subsurface Drainage System for Horticultura Plant on Clay Soil (Case in Majannang Village)


Indah, Mutifah (2022) Desain dan Uji Sistem Drainase Bawah Permukaan untuk Tanaman Hortikultura pada Tanah Lempung (Kasus di Desa Majannang) = Design and Test Subsurface Drainage System for Horticultura Plant on Clay Soil (Case in Majannang Village). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G41116015_skripsi_06-09-2022 cover1.jpg

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G41116015_skripsi_06-09-2022 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G41116015_skripsi_06-09-2022 dapus.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G41116015_skripsi_06-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2024.

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Kondisi curah hujan yang tinggi dan penyinaran matahari yang cukup membuat beberapa wilayah Indonesia sangat cocok untuk kegiatan pertanian. Adapun permasalahan yang sering dihadapi oleh petani yaitu adanya kelebihan air ketika musim hujan. Adanya sumber mata air dari dalam tanah ditambah intensitas hujan yang cukup tinggi mengakibatkan tanah menjadi jenuh sehingga kelebihan susah diatasi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pengelolaan drainase lahan pertanian yang dapat mengatasi masalah kelebihan air. Adapun kegunaan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan informasi mulai dari perancangan sistem, cara penginstalan alat dan proses pengujian sistem drainase bawah permukaan pada tanah yang mampu menurunkan muka air tanah dengan cepat. Metode penelitian yang digunakan adalah melakukan survei lokasi, pengukuran awal, perancangan desain, persiapan alat dan bahan, isntalasi alat, pengujian rancangan desain dan pengolahan data. Lahan yang menggunakan instalasi sistem drainase bawah permukaan terbukti mampu menurunkan muka air tanah kurang dari 2 jam setelah outlet pipa dibuka. Sedangkan lahan yang tidak menggunakan instalasi sistem drainase bawah permukaan itu muka air tanahnya tetap dekat dengan permukaan tanah dan cenderung meningkat ketika terjadi hujan secara terus menerus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan instalasi sistem drainase bawah permukaan lahan dapat terhindar dari kelebihan air, sehingga desain ini dapat dikatakan memuaskan.

Keywords : Hujan, Kelebihan air, Desain sistem drainase bawah permukaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rain, Excess water, Subsurface drainage system design
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:25
Last Modified: 14 Oct 2022 01:25
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21569

Actions (login required)

View Item
View Item