STUDI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI TAHU (PADA USAHA TAHU SIDODADI, DESA BONTOSUNGGU, KECAMATAN BAJENG, KABUPATEN GOWA, PROVINSI SULAWESI SELATAN) = AGROINDUSTRY DEVELOPMENT STUDY KNOW (Case Study on Sidodadi Tofu Business, Bontosunggu Village, Bajeng District, Gowa Regency, South Sulawesi Province)


Paturahman, Andi Adnan (2022) STUDI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI TAHU (PADA USAHA TAHU SIDODADI, DESA BONTOSUNGGU, KECAMATAN BAJENG, KABUPATEN GOWA, PROVINSI SULAWESI SELATAN) = AGROINDUSTRY DEVELOPMENT STUDY KNOW (Case Study on Sidodadi Tofu Business, Bontosunggu Village, Bajeng District, Gowa Regency, South Sulawesi Province). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G021181340_skripsi_06-09-2022 cover1.jpg

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G021181340_skripsi_06-09-2022 bab 1-2.pdf

Download (945kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G021181340_skripsi_06-09-2022 dapus.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G021181340_skripsi_06-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2024.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini dilakukan pada agroindustri tahu Sidodadi, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa yang bertujuan untuk mencapai sasaran belajar yang terdiri dari tiga aspek. Aspek pengetahuan yaitu memahami situasi dan kondisi pengelolaan usaha, mengetahui berbagai permasalah dan solusi yang akan dihadapi oleh usaha tahu Sidodadi. Aspek keterampilan yaitu mampu mengimplementasikan ilmu yang telah didapat, mengidentifikasi persoalan-persoalan dan merumuskan tindakan-tindakan perencanaan yang perlu di ambil. Aspek sikap terdiri dari Menghargai kerjasama yang terjalin dan memetik hikmah sebagai pengalaman belajar selama melaksanakan penelitian dalam usaha tahu Sidodadi. Pengembangan Agroindustri tahu Sidodadi dianalisa dengan menggunakan pendekatan Analisis Permasalahan dan Pengembangan Agrosistem (APPAS) yang menitikberatkan peneliti untuk terlibat langsung dalam proses yang terjadi dalam usaha sehingga peneliti mampu mengetahui permasalahan secara mendalam dalam usaha tersebut. Hasil analisis menunjukan bahwa agroindustri tahu Sidodadi memiliki masalah utama yaitu proses produksi yang lambat. Masalah utama ini disebabkan jumlah mesin produksi terbatas, luas ruang produksi terbatas, jumlah tenaga kerja produksi kurang dan tenaga kerja yang amanah sulit diperoleh. Masalah utama ini mengakibatkan volume produksi rendah dan pendapatan bersih rendah. Untuk menyelesaikan permasalahan ini maka di perlukan sasaran utama yaitu proses produksi relatif cepat. Sasaran utama akan tercapai apabila jumlah mesin produksi bertambah, luas ruang produksi bertambah, tenaga kerja produksi bertambah dan tenaga kerja yang amanah diperoleh. Pencapaian sasaran utama akan berdampak pada volume produksi meningkat dan pendapatan bersih meningkat.

Kata Kunci: APPAS, Agroindustri, Tahu, Studi pengembangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: APPAS, Agroindustry, Tofu, Development study
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Oct 2022 00:40
Last Modified: 14 Oct 2022 00:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21484

Actions (login required)

View Item
View Item