Evaluasi Kesesuaian Lahan Tanaman Kubis (Brassica oleraceae L. ) Desa Tongko Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang = Evaluation of Cabbage Land Suitability (Brassica oleraceae L.) Tongko Village, Baroko District, Enrekang Regency


Darni, Alfitra Mila (2022) Evaluasi Kesesuaian Lahan Tanaman Kubis (Brassica oleraceae L. ) Desa Tongko Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang = Evaluation of Cabbage Land Suitability (Brassica oleraceae L.) Tongko Village, Baroko District, Enrekang Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G11115077_skripsi_06-09-2022 cover1.jpg

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G11115077_skripsi_06-09-2022 bab 1-2.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G11115077_skripsi_06-09-2022 dapus.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G11115077_skripsi_06-09-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang. Potensi suatu lahan dapat dinilai berdasarkan kelas kesesuaian lahan untuk penilaian kerakteristik lahan yang digunakan untuk menilai jenis tanaman yang akan dibudidayakan terhadap persyaratan penggunaan lahan. Desa Tongko kecamatan Baroko merupakan daerah penghasil pertanian terbesar dari 9 kecamatan yang ada. Tanaman kubis (Brassica oleraceae L. ) merupakan tanaman yang dibudidayakan sebagian besar masyarakat desa Tongko. Dengan melihat potensi lahan yang ada di Desa Tongko Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang serta budaya masyarakat petani yang ada maka perlu dilakukan evaluasi kesesuaian lahan serta upaya perbaikan lahan untuk tanaman kubis di daerah tersebut. Tujuan. Tujuan penelitian adalah untuk menentukan kelas kesesuaian lahan pertanian kubis di Desa Tongko Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang, dapat menentukan faktor pembatas yang bepengaruh untuk tanaman kubis. Metode. Penelitian ini dilakukan dengan analisis lahan, analisis laboratorium untuk menentukan kelas kesesuaian lahan. Metode yang digunakan untuk menentukan kelas kesesuaian lahan adalah matching. Hasil. Desa Tongko kecamata Baroko kabupaten Enrekang merupakan penghasil komoditi kubis. Kelas kesesuaian lahan aktual yang diperoleh pada penelitian adalah S3 dengan faktor pembatas retensi hara, media perakaran. hara tersedia dan bahaya erosi. pada setiap faktor pembatas dapat dilakukan perbaikan. Kelas kesesuaian lahan potensial tanaman kubis pada lokasi penelitian adalah S2 pada unit lahan 1,2,3,6,7 dengan faktor pembatas media perakaran dan bahaya erosi. Kesimpulan. Kelas kesesuaian lahan potensial tanaman kubis pada lokasi penelitian adalah S2 pada unit lahan 1,2,3,6,7 dengan faktor pembatas media perakaran dan bahaya erosi.

Keywords : Desa Tongko, Kesesuaian lahan, Kubis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tongko Village, land suitability, cabbage
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:38
Last Modified: 12 Oct 2022 07:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21430

Actions (login required)

View Item
View Item