EFEKTIFITAS KUE BAGEA SAGU SUBSITUSI JAHE TERHADAP PENGURANGAN EMESIS GRAVIDARUM TRIMESTER I DI KABUPATEN BIAK NUMFOR PROVINSI PAPUA = THE EFFECTIVENESS OF GINGER SUBSITUTION OF BAGEA SAGO CAKE ON REDUCING EMESIS OF GRAVIDARUM I TRIMESTER IN BIAK NUMFOR DISTRICT, PAPUA PROVINCE


Hasbi, Wahida (2022) EFEKTIFITAS KUE BAGEA SAGU SUBSITUSI JAHE TERHADAP PENGURANGAN EMESIS GRAVIDARUM TRIMESTER I DI KABUPATEN BIAK NUMFOR PROVINSI PAPUA = THE EFFECTIVENESS OF GINGER SUBSITUTION OF BAGEA SAGO CAKE ON REDUCING EMESIS OF GRAVIDARUM I TRIMESTER IN BIAK NUMFOR DISTRICT, PAPUA PROVINCE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102202020_tesis_30-08-2022 cover1.jpg

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102202020_tesis_30-08-2022 bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P102202020_tesis_30-08-2022 dapus.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102202020_tesis_30-08-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Wahida Hasbi, Efektifitas Kue Bagea Sagu Subsitusi Jahe Terhadap Pengurangan Emesis Gravidarum Trimester I Di Kabupaten Biak Numfor Provinsi Papua (dibimbing oleh Mardiana Ahmad dan Suryani As’ad)
Latar belakang: Emesis gravidarum merupakan keadaan mual disertai muntah dan 70% sering terjadi pada trimester pertama kehamilan. Hal ini dapat meningkatkan morbiditas dan mortalitas bagi ibu dan janin jika tidak ditangani dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menilai frekuensi mual muntah dan kenaikan berat badan pada ibu hamil yang mengalami emesis gravidarum sebelum dan sesudah intervensi dan membandingkan pemberian kue bagea sagu subtitusi jahe pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol.
Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi Eksperimen. Penelitian dilaksanakan di wilayah Puskesmas Sumberker dan Puskesmas Ridge Kab Biak Numfor. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 60 responden yang dibagi menjadi 2 yaitu kelompok intervensi (diberikan kue bagea sagu substitusi jahe) dan kelompok control (diberikan kue bagea sagu). Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Analisis data dilakukan secara univariat, dan bivariat (Uji Shapiro-Wilk dan Uji T Berpasangan).
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 60 responden yang diteliti rata-rata mempunyai usia kehamilan 7-12 minggu yakni sebanyak 44 orang (73,3%). Berdasarkan hasil analisis statistik Uji Shapiro-Wilk dan Uji T Berpasangan diketahui data berdistribusi normal dan terdapat pengaruh pemberian kue sagu jahe terhadap berat badan ibu hamil (p value 0.000 < 0.05).
Kesimpulan: Ada pengaruh pengurangan frekuensi mual muntah dan peningkatan berat badan ibu hamil sebelum dan sesudah pemberian kue bagea sagu substitusi jahe. Kue bagea sagu subtitusi jahe dapat dijadikan terapi nonfarmakologi untuk mengurangi emesis gravidarum.

Keywords : Kue Bagea Sagu, Jahe, Ibu Hamii, Mual Muntah, Berat Badan

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Sagu Bagea Cake, Ginger, Pregnant Woman, Nausea Vomiting, Weight Loss.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:19
Last Modified: 12 Oct 2022 07:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21404

Actions (login required)

View Item
View Item