PERENCANAAN KAPASITAS PRODUKSI AIR MINUM DALAM KEMASAN DENGAN METODE ROUGHT CUT CAPACITY PLANNING (Studi Kasus Pada PT.ARP) = PRODUCTION CAPACITY PLANNING OF BOTTLED WATER (AMDK) WITH ROUGHT CUT CAPACITY PLANNING METHOD (Case Study at PT.ARP)


Satria, Dedi Nismar (2021) PERENCANAAN KAPASITAS PRODUKSI AIR MINUM DALAM KEMASAN DENGAN METODE ROUGHT CUT CAPACITY PLANNING (Studi Kasus Pada PT.ARP) = PRODUCTION CAPACITY PLANNING OF BOTTLED WATER (AMDK) WITH ROUGHT CUT CAPACITY PLANNING METHOD (Case Study at PT.ARP). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D22116005_skripsi cover1.jpg

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D22116005_skripsi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D22116005_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (625kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D22116005_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
PT. Argus Resky Pratama merupakan perusahaan produksi air minum dalam kemasan yang terletak di Kabupaten Bulukumba. Permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah tidak adanya jadwal produksi yang dimiliki perusahaan. Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu merencanakan proses produksinya secara realistis dan terintegritas, khususnya dalam menentukan kebutuhan kapasitas.
Peramalan dilakukan untuk memprediksi kebutuhan akan air minum dalam kemasan dengan menggunakan Weighted Moving Average, dan Single Exponential Smoothing. Untuk membandingkan kedua metode dilihat dari nilai akurasi hasil peramalan dan dipilih metode Weighted Moving Average sebagai metode terbaik.
Dari hasil peramalan tersebut dilanjutkan dengan penentuan kapasitas tersedia dan kapasitas yang dibutuhkan kemudian divalidasi dengan metode Rough-Cut Capacity Planning. Melalui metode Rough-Cut Capacity Planning kita memperoleh data mengenai berapa besar kebutuhan kapasitas yang diperlukan, berapa jumlah kapasitas yang tersedia serta status dari stasiun kerja apakah mengalami overload atau tidak.
Hasil dari penelitian yang dilakukan dengan metode Rough-Cut Capacity Planning (RCCP) didapatkan bahwa jadwal induk produksi yang telah disesuiakan dengan waktu yang proses dan waktu yang tersedia nantinya.

Kata kunci: Peramalan, Rough-Cut Capacity Planning, dan Jadwal Induk Produksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Forecasting, Rough Cut Capacity Planning, Master Production Schedule
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:03
Last Modified: 12 Oct 2022 07:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/21353

Actions (login required)

View Item
View Item